by

Citarum Harum Bersama Komandan Sektor 22 Kol. Inf. Asep Rahman Taufik,

Seputarnews.com/

Bandung – Dengan adanya program Citarum Harum, penanganan dari mulai anak sungai sampai ke sungai citarum terus dilaksanakan pemeliharaan maupun penanganan dari limbah dan sampah yang biasa mencemari sungai citarum bisa diatasi.

Semakin gencarnya program citarum harum maka semangat satgaspun membara dengan tanggungjawab penuh akan suksesi program untuk mencapai Sungai Citarum indah dan bersih.

Saat  dijumpai Media, Komandan Sektor 22 Citarum Harum yaitu Kol. Inf. Asep Rahman Taufik, di Posko Sektor 22 di Taman Regol Cijagra, Jumat (15/03-2019).

Semangatnya satgas siliwangi yang menyandang tugas Wakil Komandan Satuan Tugas (Wadan Satgas) Citarum Harum,  untuk membenahi sungai dan lingkungan membutuhkan kinerja yang ekstra, untuk mengerucut pada hasil utama yaitu Selamatkan Ekosistem di air sungai Citarum berikut anak cucu cicit sungai lainnya.

Dari tujuan diatas ternyata pembenahan dari segala bidang yang harus ditempuh, terutama adalah membenahi perubahan maidsetmasyarakat bahkan seluruh elemen sebagai pelaku hidup yang berurusan dengan kebaikan lingkungan bahkan alam.

Masalah pokok yang selalu di sampaikan Dansektor 22 (kolonel Inf, Asep Rahman Taufik) di sela-sela Jam Komandan brifieng dengan anggotanya, yang pernah terekam oleh penulis, yaitu :

Bagaimana merubah mindset atau paradigma yang selama ini cenderung di lakukan oleh warga masyarakat di sekitar bantaran sungai dengan kebiasaan membuang sampah ke sungai, hal ini merupakan tindakan yang sangat praktis bagi pelaku karena tanpa mereka sadari bahwa ini akan berdampak negatif bagi warga itu sendiri

Atas tindakan bodoh itu akan muncul berbagai macam masalah besar lainnya yaitu banjir, kerusakan alam (khususnya biota air), kesehatan, susahnya air bersih dan masih banyak lagi masalah lainnya yang timbul dikemudian hari.

Menyikapi hal tersebut, Satgas Citarum Harum Sektor 22, segera tanggap dengan memberikan sosialisasi dan edukasi kepada Anak-anak Sekolah, masyarakat, maupun antar dinas pemerintahan sebagai alternatif cegah dini dalam merubah mindset/Paradigma yang selama ini berkelanjutan.

Baca juga:  Situ Ciburuy di tahun ini Akan Dibenahi Pada Gerbang Masuk

Hal ini disambut baik oleh pihak sekolah, masyarakat maupun tiap pemerintahan, disikapi sebagai bentuk pembelajaran mengenai hal kebersihan dalam kehidupan sehari-hari.

Sebuah pekerjaan yang luar biasa dilakuan satgas sektor 22 dalam pelaksanaan program citarum harum, dan pemerintah tidak salah menugaskan bahwa Pasukan TNI merupakan hal yang tepat dalam pembenahan sungai citarum, karena pembenahan Sungai Citarum pernah berjalan di waktu sebelumnya, tapi hasilnya nihil terkesan mandul bahkan biaya hingga ratusan milyar yang dikeluarkan pemerintah.

Kini pembenahan Sungai Citarum dijalankan oleh Pasukan Siliwangi, hasilnya pun sudah tampak walaupun baru satu tahun lamanaya, dengan bukti di sebagian sungai sudah bisa dipakai mandi dan bermain anak anak.

Namun perjuangan belum selesai, kini satgas bergerak melakukan soasialisasi, penanaman pohon tanaman keras, benahi bantaran sungai dengan Pembuatan Taman, pengerukan sedimentasi dan penertiban Ipal Industri maupun Septick Tank Comunal bagi warga Kota yang lahannya kuldesak  oleh himpitan rumah dan kini terus di giatkan Dansektor 22 Citarum. (Zhov/Arm)*