by

Area Lahan di Kawasan Bandara Internasional Jawa Barat Kertajati Alami Kebakaran

Seputarnews.com/MAJALENGKA- Area lahan di kawasan Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB)  Kertajati alami kebakaran, Sabtu, 28 September 2019. Asapnya terlihat membumbung tinggi hingga sekitar kurang lebih 200 meter. Saat terjadi kebakaran itu, tidak ada pesawat yang terbang ataupun mendarat di BIJB.

Belum diketahui dari mana sumber api tersebut berasal , demikian juga waktu tepat terjadinya kebakaran. Berdasarkan laporan Tati Purnawati dari Kabar Cirebon, sejumlah warga dan petugas BIJB  menyebutkan bahwa kebakaran tersebut baru diketahui sekitar pukul 17.00 WIB. Namun, ada juga yang menyebutkan titik api mulai muncul sekitar pukul 16.00 WIB.

Api itu tampak di belakang gudang kargo. Jaraknya sekitar 100 meter dari gudang. Api semakin meluas ke arah selatan membakar ilalang yang kondisinya mengering. Percikan api yang terbawa angin kemudian membakar wilayah lainnya secara sporadis dan akhirnya menyebrang ke arah seberang jalan.

Sejumlah kendaraan yang ada di sekitar kawasan kargo dan gudang lainnya segera dievakuasi jauh dari kawasan bandara. Seluruh tangki BBM pun segera keluar dari kawasan bandara menjauhi area kebakaran untuk menghindari terjadinya hal yang tidak diinginkan.

Untuk memonitor kondisinya, hanya petugas yang bisa masuk. Warga dan pihak lain, termasuk wartawan, yang dianggap tidak berkepentingan terhadap pemadaman api tidak diperkenankan masuk oleh petugas kepolisian dan pengamanan bandara.

Tim gabungan berhasil memadamkan setelah kebakaran terjadi 2-3 jam

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Majalengka terlihat segera melakukan pemadaman api di lokasi kejadian. Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Majalengka, Agus Permana, menerjunkan empat tim kendaraan pemadam kebakaran.

“Ada sejumlah tim yang terlibat melakukan pemadaman, selain BPBD juga kepolisan, TNI, dan relawan, di samping kendaraan pemadam kebakaran,” ungkap Agus.

Pukul 19.30 WIB,  api sudah mulai berhasil dikendalikan. Petugas telah menyiramkan air pada titik api serta membuat sekat bakar.

BPBD Kabupaten Majalengka, saat dihubungi melalui sambungan telpon, mengatakan, ia belum mendapat informasi secara persis menyangkut terjadinya kebakaran tersebut. Hanya, menurutnya, kebakaran itu diprediksi tidak akan menganggu penerbangan.

“Ada penerbangan malam hari, namun diduga tidak akan mengganggu karena kebakaran berada di luar kawasan landasan pacu serta terminal,” ungkap Agus Permana.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed