by

ASN Jabar Didorong Miliki Sense of Crisis di Tengah Pandemi COVID-19

Seputarnews.com/ KOTA BANDUNG — Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemerintah Daerah (Pemda) Provinsi Jawa Barat (Jabar) harus memiliki sense of crisis dalam penanganan COVID-19. Selain membantu sesama, ASN diminta gencar menyosialisasikan dan mengedukasi masyarakat terkait COVID-19.

Hal itu disampaikan Gubernur Jabar Ridwan Kamil saat memberikan arahan dalam webinar Kegiatan Peningkatan Pemahaman Ideologi Pancasila bagi ASN Provinsi Jabar bertema โ€œASN Jabar Juara dalam Membangun Toleransi dalam Keberagamanโ€ di Gedung Pakuan, Kota Bandung, Selasa (29/6/2021).

โ€œKalau sudah dalam kedaruratan, seperti pandemi COVID-19, ASN itu harus terdepan dalam bela negara dengan memunculkan sense of crisis,โ€ ucap Kang Emil –sapaan Ridwan Kamil.

Kang Emil mendorong ASN Pemda Provinsi Jabar untuk memiliki rasa bela negara yang tinggi, terutama dalam menolong sesama di era pandemi COVID-19. Ia pun menuturkan, ASN Pemda Provinsi Jabar harus menjadi contoh dalam penanganan COVID-19.

โ€œMaka dari itu ASN harus punya sense of crisis dengan membantu masyarakat di era pandemi covid-19, salah satunya dengan memberikan edukasi sebagai agen perubahan karena ASN juga adalah wajah pemerintah,” tuturnya.

โ€œNiatkan diri kita jadi ASN itu melakukan pengabdian, melayani bukan dilayani. Niat kita itu menggerakkan peradaban melalui birokrasi,” imbuhnya.

Selain itu, Kang Emil berpesan agar semua ASN di Jabar dapat menjaga keutuhan nilai Pancasila di tengah-tengah masyarakat. “Rumah besar kita ini masih tegak berdiri karena kesepakatan ijab kabulnya dengan menyelaraskan berbagai masalah melalui lima sila. Saya harap ASN jadi agen perubahan dalam menjaga Pancasila,โ€ katanya.

Baca juga:  KEMENDAGRI : JAWA BARAT AKAN DI JADIKAN PERCONTOHAN SETIAP PROVINSI