by

Atalia Ridwan Kamil Dukung Produk UMKM Jabar Hadir di IKEA Kota Baru Parahyangan

Seputarnews.com / KAB. BANDUNG BARAT — Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Provinsi Jawa Barat (Jabar) Atalia Praratya Ridwan Kamil menyambut baik segera dibukanya gerai IKEA di Kota Baru Parahyangan. Terlebih produk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) binaan Dekranasda Jabar bisa masuk untuk dijual di gerai asal Swedia tersebut.

“Ini merupakan buah kerja sama Pemda Provinsi Jabar dan Pemerintah Swedia. Dan tentunya saya bahagia karena produk UMKM di bawah binaan Dekranasda Jabar bisa masuk ke sini,” kata Atalia usai menghadiri Private Showing IKEA Kota Baru Parahyangan, Rabu (24/2/2021).

Dalam private showing bersama Duta Besar Swedia untuk Indonesia Marina Berg itu, produk UMKM Jabar, seperti boneka, perhiasan, dan produk kriya, sudah terpajang di sejumlah sudut gerai IKEA.

Atalia pun mendorong para pelaku UMKM di Jabar agar membuat produk berkualitas yang nantinya akan didorong oleh Dekranasda Jabar masuk di gerai IKEA.

“Saya mendorong pelaku UMKM untuk semangat karena kita akan terus berkoordinasi dengan IKEA terkait kebutuhan mereka yang akan kita sediakan,” ujarnya.

Sebelum masuk ke IKEA, produk UMKM telebih dahulu dikurasi. Menurut Atalia, apabila produk tersebut sudah dipilih IKEA, maka berpotensi besar dipasarkan di 450 gerai IKEA yang tersebar di 58 negara.

“Saya kira ini permulaan yang baik agar bisa dipasarkan di semua gerai IKEA di seluruh dunia, nanti kita akan coba lakukan kerja sama lebih dalam agar lebih banyak lagi produk-produk Jabar untuk masuk di IKEA,” ucapnya.

Atalia berharap, hadirnya gerai yang menjual produk rumah tangga tersebut bisa membangkitkan UMKM dan mendongkrak perekonomian masyarakat terlebih di masa pandemi COVID-19.

Baca juga:  Gub Jabar Saksi Peresmian Rumah Sakit Muhammadiyah Bandung Selatan

“Semoga ada pergerakan ekonomi dan 2021 menjadi lebih baik,” harap Atalia.

IKEA di Kabupaten Bandung Barat ini merupakan gerai ketiga di Indonesia setelah Jakarta dan Bogor. Peletakan batu pertama gerai seluas 31 ribu meter persegi tersebut dilakukan oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan siap dibuka untuk umum pada akhir kuartal I 2021 mendatang.

Toko IKEA Kota Baru Parahyangan memiliki tujuan untuk memberikan kontribusi pada perekonomian daerah dan kesejahteraan masyarakat Bandung Barat dan sekitarnya, salah satunya adalah dengan merekrut lebih dari 300 SDM lokal yang berasal dari masyarakat sekitar dengan latar belakang yang berbeda.

Selain itu, IKEA Kota Baru Parahyangan akan menyelenggarakan program Teras Indonesia dimana hal ini adalah program kemitraan flagship antara IKEA dengan pelaku UMKM yang dapat menjual produk-produknya di toko IKEA.

“IKEA Kota Baru Parahyangan merupakan salah satu upaya kami untuk lebih mempererat hubungan Swedia dengan Indonesia, terutama Jawa Barat. Kami dan Pemprov Jabar selalu berusaha untuk bersinergi guna menciptakan peluang-peluang baru bagi masyarakat sekitar, serta para pengusaha UMKM,” ucap Duta Besar Swedia untuk Indonesia, Marina Berg.

*HUMAS JABAR*
*Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika*
*Provinsi Jabar*
*Setiaji*