by

Atalia Ridwan Kamil Lantik Ketua Kwarcab Pramuka Kabupaten Cirebon Masa Bakti 2020-2025

Seputarnews.com / KOTA CIREBON — Ketua Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Provinsi Jawa Barat (Jabar) Atalia Praratya Ridwan Kamil melantik kepengurusan Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab), Kwartir Cabang (Kwarcab), dan Lembaga Pemeriksa Keuangan (LPK) Gerakan Pramuka Kabupaten Cirebon masa bakti 2020-2025 di Pendopo Bupati Cirebon, Selasa (23/2/2021). Pelatinkan dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Jaya Supriadinata menjabat Ketua Kwarcab Pramuka Kabupaten Cirebon untuk kali kedua. Sementara Bupati Cirebon Imron Rosyadi dilantik sebagai Ketua Mabicab Pramuka Kabupaten Cirebon.

“Ini (pelantikan) merupakan kewajiban dan penting dalam rangka memenuhi AD/ART Gerakan Pramuka. Alhamdulillah dilaksanakan dengan lancar dan menerapkan protokol kesehatan sangat baik,” kata Kak Atalia.

Kak Atalia berharap kepengurusan baru ini dapat memotivasi generasi muda di Kabupaten Cirebon untuk meningkatkan kualitas melalui pendidikan karakter kepramukaan.

Menurut Kak Atalia, tugas besar menanti gerakan pramuka, khususnya di tengah pandemi COVID-19. Anggota pramuka harus bisa beradaptasi dengan tidak mengurangi kegiatan.

“Jadi program supaya anak-anak tetap melaksanakan kegiatan pramuka tapi dilakukan di rumah atau secara daring karena anak-anak sedang PJJ (Pembelajaran Jarak Jauh),” tuturnya.

Selain itu, kata Kak Atalia, gerakan pramuka harus membangun semangat anak muda untuk mau bercocok tanam melalui program yang diinisiasi oleh Pramuka Jabar yaitu Gempita atau Gerakan Menanam Padi di Perkotaan.

“Kita akan dorong dengan program Gempita ini jadi mereka di perkotaan mereka bisa menanam padi lewat media polybag, ini bagus agar mereka terbiasa mencintai alam dimulai dari bercocok tanam di rumah,” ucapnya.

Usai pelantikan, Kak Atalia bersama Kwarcab Pramuka Kabupaten Cirebon melaksanakan tebar seribu masker di Pasar Celancang, Purwawinangun. Diharapkan dengan pembagian masker dan sosialisasi protokol kesehatan, kedisiplinan warga meningkat.

Baca juga:  Peluang Besar Jabar Akan Menjadi Juara Umum di PON XX Papua 2021

“Kita juga melakukan gerakan pramuka peduli yaitu membagikan masker di pasar,” katanya.

Setelah membagikan masker, Kak Atalia melakukan gerakan penanaman bibit pohon mangrove di Pesisir Pantai Klayan. Sekitar 1.000 bibit pohon bantuan dari Pemerintah Daerah (Pemda) Provinsi Jabar ditanam oleh anggota pramuka bersama TNI, Polri, pegiat lingkungan dan masyarakat guna mencegah abrasi, serta menjaga kelestarian lingkungan.

“Kami menanam 1.000 bibit pohon mangrove menebar 50 ribu bibit ikan di kolam, harapannya mendorong masyarakat untuk lebih peduli lingkungan,” ucapnya.

*HUMAS JABAR*
*Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika*
*Provinsi Jabar*
*Setiaji*