Joko Widodo Menaikan Tunjangan Babinsa

Seputar News/BANDUNG-Presiden Jokowi menaruh perhatian besar terkait profesionalisme dan kesejahteraan anggota Babinsa. Untuk itu, dalam pengarahan ini Presiden mengaku dirinya menginstruksikan Menteri Keuangan untuk menaikkan tunjangan kinerja Babinsa setahun lalu. Mulai Juli ini tunjangan Anggota Babinsa di seluruh Indonesia pun dinaikkan.

Anggota Babinsa Tipe A mendapat tunjangan dari Rp 104.000 per bulan menjadi Rp 900.000 per bulan. Sementara Aggota Babinsa Tipe B dari Rp 440.000 per bulan menjadi Rp 1.200.000 per bulan.

“Setahun lalu saya perintahkan kepada Menteri Keuangan untuk memisahkan anggaran untuk menaikkan kinerja Babinsa,” kata Presiden.

“Tujuannya karena saya tahu Babinsa menjadi ujung tombak dan posisi terdepan dalam menjaga keamanan, kedaulatan, dan ikut menjaga ketertiban di desa-desa, yang kita tahu semuanya dan kita sadar bahwa negara ini adalah negara yang sangat besar,” lanjutnya.

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto mengatakan, total ada sebanyak 60.239 Anggota Babinsa di seluruh Indonesia. Sementara Babinsa yang hadir dalam pengarahan ini sebangak 4.505 anggota, terdiri dari 4.335 anggota Babinsa dari Wilayah Kodam III/Siliwangi dan 70 anggota lainnya berasal dari 14 Kodam dari seluruh Tanah Air.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *