by

Dinas Lingkungan Hidup Prov Jabar Adakan Diskusi Program Citarum Harum

Seputarnews.com/Bandung- Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jawa Barat yang diwakili Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jawa Barat Plt. Kepala Bidang Penataan Hukum Lingkungan Dr. Ir. Prima Mayangningtias, Msi. selaku wakil pelaksana harian Sekretariat Satgas PPK DAS Citarum bersama Mayjen.TNI (Purn) Dedi Kusnadi sebagai Ketua Harianย  Satgas Citarum Harum, mengadakan rapat/diskusi pembahasan laporan citarum Harum dari seluruh sektor dalam penanganan program citarum harum dari sejak awal sampaiย  saat berjalan sekarang.

Dalam kesempatan acara diskusi pembahasan penanganan Citarum harum tersebut yang dipimpinย  Mayjen.TNI (Purn.) Dedi Kusnadi didampingi Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jawa Barat Plt. Kepala Bidang Penataan Hukum Lingkungan Dr. Ir. Prima Mayangningtias, Msi. selaku wakil pelaksana harian Sekretariat Satgas PPK DAS Citarum yang diikuti para Dansektor,ย  Dinas terkaitย  dengan program Citarum Harum, bertempat di Kantor Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jawa Barat Jl. Naripan Bandung, 18/3-2019.

Sementara dalam diskusi pembahasan penanganan Citarum Harum seluruh Dansektor melaporkan dalam acara diskusi tersebut danย  Ketua harian Citarum harum Mayjen.TNI (Purn.) Dedi Kusnadi menanggapi dalam dialog tanya jawab ,mengatakan ,tujuan dengan diadakannya diskusi tersebut hasilnya akan disampaikan ke Pusat Kementerian RI di Jakarta .

Diskusi yang dilanjutkan dialog tanya jawab tentang penanganan pengerjaan program citarum harum baik dari penanganan dari awal maupun yang sedang dikerjakan hasil dari diskusi danย  epaluasiย ย  Citarum Harum yang dilaporkan dari masing masingย  Dansektor dari sektor 1 sampai sektor 22 yang menangani Citarum Harum sudah banyak perubahan yang asal mula wilayah dari aliran anak sungai yang banyak sampahnya bahkan dialiriย  sebagai pembuangan limbah namun sekarang sampai ke induk Sungai Citarum nampak sudah banyak perubahan, tapi belum maksimal karena disatu sisi lain untuk pengerjaan Sungai citarum membutuhan biaya agar citarum bisa sampai maksimal apa yang semua harapkan.

Baca juga:  Ridwan Kamil Punya Kenangan Saat Menjadi Paskibraka Kota Bandung 1988

Harapan masyarakat dan pemerintah dalam memprogramkan Citarum Harum terawasi hingga teratasi baik dari pencemaran airย  limbah dari suatu industri akan di awasi setiap waktu bersama satgas dan masyarakat agar bisa tertangani dari sampah sampah yang sejak semula menjadi tempat pembuangan sampah bahkan menjadi tumpukan sampah dari berbagai jenis sampah yang dibuang sembarangan lalu terseret ke sungai citarum .

Alhamdulillah walau penangnan belum sampai maksimal namun penangan sungai citarum sudah menampakan kelestariannya. dari hasil laporan semua satgas citarum harum sudah bisa di input bahkan hari besok akan disampaikan laporannya ke Pusat, pada Kementerian Kemaritiman RI di Jakarta untuk menindaklanjuti penangan Program citarum Harum selanjutnya karna penataan citarum harum belum sampai maksimal bahkan perlu ada perhatian selanjutnya dari pihak pusat maupun daerah dinas Instansi terkait yang terlibat dengan penanganan program citarum harum .tutur Dedi Ref: Seputarnews.com (ds)*