by

DPRD Jabar Dukung Pembangunan Kolam Retensi Andir Pengendalian Banjir di Kab Bandung

Seputarnews.com/ Sekretaris Komisi IV DPRD Provinsi Jawa Barat Buky Wibawa Karya Guna berharap, pembangunan kolam retensi andir dan polder-polder dapat berjalan lancar dan menjadi solusi pengendalian banjir yang kerap melanda daerah Baleendah dan Dayeuh Kolot.

“Prinsip kami adalah untuk memperhatikan kepentingan masyarakat banyak.Kita tahu masyarakat yang tinggal dibantaran Sungai Citarum, seringkali mengalami bencana banjir jadi saya kira ini upaya yang sangat positif”ucap Buky usai menghadiri, acara Groundbreaking Proyek Pembangunan Kolam Retensi Andir dan Polder-Polder di Kabupaten Bandung, Kamis (10/12/2020).

Selain mendukung penuh pembangunan, diharapkan hadirnya kolam retensi tersebut dapat mendorong pemenuhan air bagi sektor pertanian dan masyarakat Kabupaten Bandung.

“Kami DPRD pasti akan mendukung secaara penuh upaya-upaya dalam rangka mengatasi banjir.Bencana di Jawa Barat banyak yang disebabkan oleh debit air, oleh karena itu proyek-proyek yang sifatnya penanggulangan saya kira perlu didukung”ujarnya

Menurut Buky, disamping hadirnya kolam retensi diperlukan program pembinaan kepada masyarakat, untuk menitlngkatkan kesadaran masyarakat agar tidak membuang sampah ke sungai.

“Bagaimana pun sungai ini menjadi sumber kehidupan, bukan tempat untuk membuang segala hal. Saya menghimbau kepada pengusaha yang bergerak di sektor industri tekstil misalnya, yang seringkali membuang limbah-limbah ke sungai”katanya.

Lebih lanjut Buky menambahkan, bahwa upaya engenering dan pembinaan harus dilakukan secara bersamaan sehingga pengendalian banjir di wilayah Kabupaten Bandung dapat segera teratasi.

“Harus dilakukan (upaya) bersamaan, karena percuma bagaimana engenering dilakukan tetapi masyarakat tidak mendapatkan pembinaan untuk membangun kesadaran”pungkasnya.

Baca juga:  Ridwan Kamil Tandai Mulainya Pembangunan Underpass Dewi Sartika Depok