by

Gub Jabar Emil Ajak Warga Jabar Shalat Istisqa atau Shalat Meminta Hujan

Seputar News/Jabar Akan Gelar Shalat Istisqa

BANDUNG – Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat berencana akan menggelar shalat Istisqa atau shalat meminta hujan pada hari Jumat 6 Oktober 2018 di lapangan Gasibu Bandung.

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan untuk mencegah meluasnya dampak kekeringan yang melanda berbagai daerah di Jabar, cara spiritual juga harus diupayakan.

“Kita akan laksanakan shalat Istisqa juga ya, urusan dunia kita carikan, spiritual juga kita laksanakan, mudah-mudahan itu bisa memaksimalkan ikhtiar kita. Afdolnya hari Jumat ya, mungkin di Gasibu,” kata Gubernur di Gedung Sate, Rabu (3/10/18).

Shalat Istisqa akan diikuti oleh para pegawai Pemprov Jabar dan masyarakat pun diharapkan juga turut hadir mengikuti shalat.

Emil, sapaan Ridwan Kamil menuturkan, berdasarkan pantauannya, sejumlah sungai-sungai besar di Jabar mengalami kekeringan. Kedalaman air waduk Jatiluhur pun sudah menyusut lebih dari 8 meter. Bahkan waduk Jatigede pun sudah terlihat dasarnya.

“Saya kemarin telah mengamati dari udara memang sepanjang yang saya lihat sungai-sungai kering, waduk Jatiluhur menyusut lebih dari 8 meter, Jatigede juga turun bahkan bekas kampung juga terlihat lagi,” tuturnya.

Emil mengimbau kepada masyarakat untuk hemat dan lebih bijak dalam menggunakan air.

“Himbauan pertama, warga untuk berhemat air, gunakan sebijak mungkin,” ucapnya.

Selain itu, pihaknya juga telah menginstruksikan PDAM untuk memberikan program tangki air di wilayah kekeringan. Emil juga akan berkoordinasi dengan BMKG terkait fenomena kekeringan ini dan hal yang perlu diwaspadai.

“Sambil saya juga akan mengecek ke BMKG tren ini apakah normal atau ada fenomena alam yang perlu kita waspadai,” katanya (Arm)*