GUB JABAR HADIRI HUT KE 108 TAHUN RUMAH SAKIT MATA CICENDO BANDUNG

Seputar News/ BANDUNG- Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (Aher) Sambut Menteri Kesehatan RI Nila Djuwita F Moeloek menghadiri puncak acara Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-108 Tahun Pusat Mata Nasional Rumah Sakit Mata Cicendo, Kota Bandung, Jawa Barat, Minggu. 5/2-17    
Dalam puncak acara HUT Ke-108 Tahun Pusat Mata Nasional RS Cicendo Bandung, tampak hadir Wali Kota Bandung M Ridwan Kamil.         
Pada kesempatan tersebut, Menkes akan melakukan Pencanangan Kampanye Pupil Putih (White Pupil Campaign) dilanjutkan dengan Talkshow mengenai Vision 2020 dan White Pupil Campaign.        
Tepat pada tanggal 3 Januari 2017 Pusat Mata Nasional Rumah Sakit Mata Cicendo berulang tahun yang ke-108, tentunya dengan usia lebih dari satu abad Rumah Sakit Mata Cicendo akan selalu memberikan pelayanan yang terbaik untuk masyarakat Indonesia sesuai dengan perkembangan teknologi terkini.    
   
Berdasarkan siaran pers dari Bagian Instalasi Pemasaran, Promosi, Kesehatan dan Humas Pusat Mata Nasional RS Mata Cicendo, dijelaskan dengan tema “Kita Bersama untuk Mereka”, sesuai dengan Vision 2020,  bermaksud mengajak seluruh masyarakat untuk dapat melakukan deteksi dini adanya retinoblastoma di dalam mata seorang anak, yang terlihat warna putih pada pupil matanya (white pupil).        
Alasan pemilihan Kampanye Pupil Putih (White Pupil Campaign) dikarenakan banyaknya anak dengan Retinoblastoma datang ke PMN RS Mata Cicendo dalam kondisi stadium lanjut dan terlambat diketahui dini.        
Hal ini menyebabkan Pusat Mata Nasional RS Mata Cicendo membentuk Layanan Mata Anak Terpadu Retinoblastoma. Deteksi dini white pupil menjadi hal yang sangat penting dalam pencegahan kebutaan pada anak.        
Retinoblastoma merupakan tumor ganas mata yang paling sering terjadi pada anak. Leukocoria (pupil putih) atau seperti “mata kucing” merupakan tanda klinis awal yang tersering ditemukan oleh orang tua atau orang-orang di sekitar pasien. 
   
Insidensi retinoblastoma berkisar 1:16.000 dan 1:18.000 kelahiran hidup. Penyakit ini bukan hanya mengancam penglihatan tapi  juga nyawa/kehidupan.        
Diharapkan dengan pencanangan White Pupil Campaign masyarakat lebih aware mengenai pupil putih ini dan diharapkan dapat melakukan deteksi dini sehingga sesegera mungkin memeriksakan anak/keluarganya ke Pusat Mata Nasional Rumah Sakit Mata Cicendo. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *