by

Gub.Jabar Ridwan Kamil Menyatakan, Jabar Siaga 1 Virus Corona atau COVID-19 Setelah Dua Warga Depok Dinyatakan Positif Terpapar Virus

Seputarnews/KAB. BOGOR –* Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil menyatakan, Jabar Siaga 1 virus corona atau COVID-19 setelah dua warga Depok dinyatakan positif terpapar virus tersebut.

“Kita posisinya sekarang Siaga 1 kalau virus corona di Jabar,” katanya usai menghadiri Raker Percepatan dan Pengelolaan Dana Desa Tingkat Jabar di SICC Sentul, Kabupaten Bogor, Senin (2/3/20).

Kang Emil –sapaan Ridwan Kamil– mengatakan, pihaknya sudah menginstruksikan siaga 1 kepada rumah sakit di seluruh Jabar.

“Saya imbau warga yang melihat atau mengalami gejala-gejala yang mirip, kan susah dibedakan, ya, mana flu mana corona untuk segera cek,” katanya.

“Kemudian, nanti tim dari RS Hasan Sadikin akan mem-follow-up, termasuk yang akan mengirim sampel. Sampel apakah teridentifikasi positif atau negatifnya itu akan dilakukan itu,” tambahnya.

Kang Emil pun sudah mengeluarkan instruksi kepada Perangkat Daerah di Lingkungan Pemerintah Daerah (Pemda) Provinsi Jabar untuk bersiaga.

Dinas Ketenagakerjaan dan Transmigrasi (Disnakertrans) Jabar misalnya, diinstruksikan untuk mengecek kondisi tenaga kerja asing dan mengoordinasikannya.

“Imigrasi sudah kita tingkatkan supaya mereka yang datang dari pelabuhan maupun dari mana itu dicek temperaturnya,” ucap Kang Emil.

Baca juga:  Kang Emil Mulai Ngabret Shubuh Berjamaah di Majalengka