Gub Jabar Ridwan Kamil Tunggu Instruksi Pusat Terapkan Lockdown di Jabar

Seputarnews/BANDUNG- Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Pemprov Jabar) masih menunggu instruksi dari pemerintah pusat untuk menerapkan kebijakan lockdown atau karantina wilayah ketat di sejumlah zona merah persebaran virus corona Opsi lockdown sedang dimatangkan oleh Pemprov Jabar.

“Opsi karantina wilayah ini sedang kita bahas. Besok, kita rampungkan khususnya untuk zona-zona merah,” kata Gubernur Jabar Ridwan Kamil, Minggu (29/3).

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengonfirmasi video yang tersebar di media sosial dan grup percakapan sejak Sabtu (28/3) kemarin. Emil, sapaannya, membenarkan bahwa dia mengucapkan akan dilakukan lockdown pencegahan wabah viru Covid 19 dengan harapan masyarakat bisa lebih bersiap.

Dalam pengakuan ridwan kamil Gubernur Jawa Barat , Ya, saya sengaja inspeksi kemudian melihat warga itu. Enggak ada terlalu mengikuti arahan kerja di rumah,¬†social distancing, sehingga saya lakukan simulasi mengingatkan mau¬†lockdown,” kata Emil dalam pesan suara yang disampaikan Humas Jabar, Minggu (29/3).

Terkait keputusan karantina wilayah, Emil mengatakan Pemprov Jabar akan berkoordinasi dengan pemerintah pusat.

“Keputusan akhir tetap ada pada izin pemerintah pusat, kami hanya menyampaikan argumentasi-argumentasi (keharusan melakukan karantina,” ujarnya.

Sebagaimana diketahui, Kewajiban Pemerintah Pusat dalam Kekarantinaan Kesehatan telah diatur dalam Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2018 tentang Kekarantinaan Kesehatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *