by

Gubernur Aher Targetkan 100 Juta Benih Ikan Disebar di Jabar

Seputar News/
DEPOK – Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (Aher) menargetkan tahun 2018 penebaran benih ikan di perairan umum di Jabar mencapai angka 100 juta ekor.

Hal itu Aher ungkapkan usai menebar 2,5 juta ekor benih ikan di Setu (situ) Pengasinan, Sawangan, Kota Depok, Kamis (11/01/2017).
“Tahun 2018 atau diakhir masa jabatan, saya targetkan 100 juta benih ikan kita tebar di Jabar,” ujarnya.
Aher mengatakan, penerbaran benih ikan di perairan umum seperti di waduk, situ, embung dan sungai-sungai merupakan program yang telah dijalankannya sejak tahun 2016. Hingga akhir tahun 2017 telah tersebar sebanyak 51 juta ekor benih ikan berbagai jenis.
Di awal tahun 2018 ini, Setu Pengasinan di Kota Depok yang memiliki luas 7 hektar ini menjadi tempat pertama penyebaran benih ikan oleh Gubernur Aher bersama Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Jabar serta para kepala FKPD Kota Depok dan masyarakat. Dari 2,5 juta benih ikan tersebut selanjutnya akan disebar ke berbagai perairan umum. Jumlah benih ikan yang ditebar di Setu Pengasinan sendiri berjumlah 750 ribu ekor.
Menurut Aher, penebaran benih ikan ini memiliki banyak manfaat. Selain baik bagi kesehatan karena masyarakat dibebaskan untuk mengambil ikan setelah dewasa dengan cara memancing atau menggunakan jala, disaat yang sama hal tersebut juga akan menghadirkan biota air yang lebih banyak dan ikan akan mengkonsumsi plankton-plankton yang ada di perairan tersebut.
“Hasilnya ternyata banyak masyarakat dengan menggunakan pancingan dan jala ada yang dapat 12 kg, ikannya macam-macam seperti ikan mas, ikan asin, patin dan lainnya. Berarti perairan umum itu memang menyediakan pakan alami dalam jumlah yang banyak, kalau tidak ditebarkan ikan kan jadi tidak bermanfaat. Disaat yang sama penaburan benih ikan ini juga akan menghadirkan biota air yang lebih banyak lagi yang berguna bagi kesehatan masyarakat,” terangnya.
“Pokoknya kalau kurang akan kita tambah lagi sampai saya selesai jadi Gubernur targetnya 100 juta ekor. Ini adalah sebuah pengalaman yg akan ditularkan ke berbagai tempat,” tambah Aher mengakhiri.
Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan Kota Depok Farah Mulyati menerangkan, di Depok terdapat 26 Setu. Pihaknya telah berkoordinasi dan akan menebarkan ke 2,5 juta benih ikan bantuan dari Diskanla Jabar tersebut ke seluruh Setu. Menurutnya, penebaran ikan tersebut akan menambah kecukupan protein bagi masyarakat Depok.
“Ini berguna untuk menambah kecukupan protein bagi masyarakat depok. Rencananya pemberian benih dari pemprov ini akan kita sebarkan nanti kita akan berkoordinasi mana saja yang akan kita sebarkan,” kata Farah.