by

Gubernur Aher Terus Genjot Kerja Sama Jabar-Australia Selatan

Seputar News/ 

ADELAIDE – Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan optimistis, hubungan kerja sama yang telah terjalin antara Provinsi Jabar dan Australia Selatan lewat program Sister Province akan semakin harmonis seiring banyaknya program kerja sama yang telah terealisasi sejak program Sister Province digagas 2015 lalu.

Hal itu dikatakan Aher, sapaan akrab Gubernur Jabar saat menghadiri jamuan makan malam Minister of Education and Child Development di Adelaide Festival Center, Adelaide, Australia Selatan, Kamis (25/1/2018) malam. Aher didampingi istri Netty Prasetyani, Direktur Utama Bank BJB Ahmad Irfan beserta istri, dan rombongan delegasi lainnya.
Di hadapan Member of The Legislative Council, Representing the Premier of South Australia Mr Tung Ngo MLC, para akademisi, perwakilan masyarakat Jabar, dan perwakilan mahasiswa asal Jabar di Adelaide, Aher menyatakan, kerja sama Sister Province yang dibangun Pemerintah Provinsi Jabar dan Pemerintah Australia Selatan merupakan kerja sama yang paling harmonis dan terbaik.
“Kami kerja sama dengan berbagai negara. Kami harus berterus terang, di antara yang terbaik, kerja sama dengan South Australia ini menjadi yang paling baik,” ungkap Aher.
Disebutkan Aher, selama dua tahun berjalan, sebanyak 17 program dari 22 program kerja sama yang dibangun lewat Sister Province telah berjalan dengan baik. Dengan kesuksesan yang telah diraih tersebit, Aher menginginkan agar jalinan kerja sama yang dibangun Pemprov Jabar-Australia Selatan terus ditingkatkan.
“Kita ingin program-program lainnya berjalan baik, baik program pendidikan maupun kebudayaan, pertanian, hingga ekonomi,” tegasnya seraya mengatakan, program pertukaran pelajar, mahasiswa, dan tenaga pendidik juga harus terus ditingkatkan.
Dalam kesempatan itu, Aher pun menekankan pentingnya kerja sama di bidang kebudayaan. Menurut Aher, kebudayaan merupakan perekat yang paling ampuh dalam membangun kerja sama antarwilayah, termasuk kerja sama yang dibangun Jabar dan Australia Selatan.
“Kami yakin, budaya membangun keharmonisan. Keharmonisan Jabar dan Australia Selatan juga menandakan keharmonisan Indonesia dan Australia. Karenanya, ke depan, kami ingin menggelar festival budaya besar-besaran sebagai bukti keharmonisan Jabar dan Australia Selatan,” papar Aher seraya menambahkan, budaya hanya memiliki satu makna, yakni bahagia.
Sementara itu, Member of The Legislative Council, Representing the Premier of South Australia Mr Tung Ngo MLC mengakui, dengan kekuatan global yang dimilikinya, Indonesia telah menjadi pemimpin golabl.
“Dan Provinsi Jabar memainkan peranan pentingnya dalam hubungan kerja sama antarnegara, termasuk dengan Australia Selatan,” katanya.
Sebagai perwakilan legislatif Australia Selatan, pihaknya pun mendukung penuh kerja sama Sister City yang telah dibangun Pemerintah Provinsi Jabar dan Pemerintah Australia Selatan. Bahkan, pihaknya pun mendorong agar jalinan kerja sama terus ditingkatkan.
“Adelaide dan Bandung khususnya, sama-sama mementingkan budaya dan pendidikan dan kerja sama yang dibangun di dua bidang tersebut harus terus ditingkatkan, termasuk bidang lainnya,” tandasnya.