by

Gubernur dan Wagub Jabar Tunaikan Zakat

Seputarnews/Bandung Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (Aher), dan Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar, beserta para pejabat Eselon di lingkup Pemerintah Provinsi Jawa Barat, bersama- sama menunaikan pembayaran zakat, kepada Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Jawa Barat, di Aula Timur Gedung Sate Bandung, Selasa (13/6/2017).

Aher sendiri membayar zakat fitrah untuk dirinya, Istrinya, keenam anaknya, juga membayar zakat untuk anak angkat, serta asisten rumah tangganya.
Hingga total ia membayar zakat untuk 13 orang dengan nilai Rp 100 ribu per orang.
Ia mengatakan bahwa zakat selain tentu untuk membersihkan harta, serta dalam rangka pemerataan distribusi kekayaan, zakatjuga bertujuan justru untuk menumbuhkan harta.
Artinya, dengan zakat yang disalurkan sebagai modal pemberdayaan masyarakat. Maka berdayanya masyarakat ini, menjadi kunci majunya perekonomian suatu kawasan.
“Karena zakat membersihkan, dan kemudian didistribusi untuk fakir dan miskin, dan zakatnya digunakan untuk urusan produktif, maka si fakir dan miskin Inshaa Allah kedepan bisa menjadi Muzakki,” ungkap Aher di Gedung Sate.
Aher pun menambahkan, zakat dapat mengurangi ketimpangan sosial-ekonomi di masyarakat.
Melalui zakat, akan terjadi pemerataan harta, sehingga kekayaan tidak menumpuk di sekelompok masyarakat saja.
Ketua Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Provinsi Jawa Barat, Arif Ramdani, mengatakan Baznas Jabar pada tahun ini menargetkan penghimpunan zakat sebesar Rp 750 miliar.
Pun pada tahun lalu, Baznas Jabar berhasil mengumpulkan zakatsebesar Rp. 500 miliar.

Baca juga:  NETTY HERYAWAN HIMBAU SMA/SMK TDK BOLEH TAKUT UNBK