by

GUBERNUR JABAR BERSAMA UNSUR MUSPIDA JABAR PERINGATI HUT RI 72

Seputar News/ BANDUNG-Pemerintah Provinsi Jawa Barat menggelar berbagai rangkaian acara dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun ke-72 Kemerdekaan Republik Indonesia dengan tema “Indonesia Kerja Bersama”. “Ada yang khas dari rangkaian acara ini,  yaitu penyerahan penghargaan pemerintah kepada masyarakat berprestasi yang digelar di Aula Barat Gedung Sate pada Rabu (16/7/17) sore,” kata Kepala Bagian Publikasi Ade Sukalsah di Bandung, Rabu, 16 Agustus 2017.

Persiapan upacara bendera tingkat provinsi  digelar di lapangan Gasibu Kota Bandung, Kamis, 17 Agustus 2017. Untuk acara tersebut, seluruh komponen yang terlibat sudah melakukan gladi bersih  sejak seminggu lalu. “Rabu ini, Gubernur dijadwalkan untuk hadir dan mendengarkan Pidato Kenegaraan Presiden Republik Indonesia dalam rangka Peringatan HUT ke-72 Kemerdekaan RI di depan Sidang Bersama DPR dan DPD di Ruang Nusantara Gedung MPR, DPR, DPD,” kata Ade.
Seperti tahun-tahun sebelumnya, lanjut Ade, apel kehormatan dan renungan suci  digelar tengah malam jelang 17 Agustus. Pangdam III/Siliwangi dijadwalkan bertindak sebagai inspektur upacara. Sedangkan pada Hari-H 17 Agustus, Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan, Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar dan Forkominda dijadwalkan hadir pada acara  puncak rangkaian peringatan kemerdekaan.
“Ini juga sekaligus informasi bagi masyarakat, jika tidak terlalu mendesak untuk menghindari area Gasibu dan Gedung Sate besok pagi, karena lebih kurang seribu orang dijadwalkan mengikuti Upacara Peringatan Detik-Detik Proklamasi Kemerdekaan RI. Di tingkat Sekretariat Daerah Provinsi Jabar dimulai pukul 07.30 WIB dan selaku inspektur adalah Sekda Jabar, lanjut di Gasibu untuk tingkat Provinsi pada pukul 09.30 WIB dengan Gubernur sebagai inspektur upacara. Gubernur Aher juga akan menghadiri acara  ramah tamah bersama tokoh yang telah berjasa, berjuang untuk kemerdekaan RI, di antaranya perintis kemerdekaan, veteran, Angkatan ’45, Pepabri, Wredatama, Warakawuri, dan sesepuh di Aula Gedung Sate  pada pukul 11.00 WIB. Selanjutnya pada pukul 15.30 WIB, Gubernur akan bertugas sebagai inspektur upacara pada acara Gelar Senja dan Upacara Penurunan Sang Merah Putih.(Def)*