by

GUBERNUR JABAR MELAYAT ALM. MANTAN WAGUB JABAR ABOENG KOESMAN

Seputarnews/Bandung Gubernur Jawa Barat  pada era Gubernur Aang Kunaefi, H. Aboeng Koesman Somawidjaja, wafat pada Sabtu, 27 Mei 2017, pada pukul 2.30 WIB. Inohong Jawa Barat yang juga mantan Walikota Cirebon ini wafat pada usia 92 tahun.
“Innalillahi wa inna ilaihi rajiun. Selamat jalan Bapak Aboeng Koesman Somawidjaja. Atas nama pribadi dan Pemerintah Provinsi Jawa Barat, kami kehilangan satu sosok sesepuh Jawa Barat,”  kata Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan di Rumah Duka,  Jalan Kalimantan No. 10 Bandung.
Aher, sapaan akrab Gubernur,  bersama istri,  Netty Prasetyan, Minggu pagi, 28 Mei 2017, hadir ke rumah duka untuk bertakziah. Lahir di Garut pada tanggal 24 April 1925,  sebelum menjabat Wakil Gubernur Jawa Barat, H. Aboeng Koesman, pernah menjadi Walikota Cirebon tahun 1972-1982. Almarhum  pernah menjabat sebagai Ketua Umum Paguyuban Pasundan sampai dengan tahun 2000 dan Ketua Yayasan Pasundan selama dua periode.
Aboeng Koesman pernah menjadi anggota Badan Keamanan Rakyat (BKR), Tentara Keamanan Rakyat (TKR) dan Tentara Rakyat Indonesia (TRI) di masa perjuangan dulu.
Almarhum juga pernah menjabat sebagai Dan POMDAN II/Bukit Barisan Medan, Dan POMKOADAIT Makasar. Suami  Hj. Siti Hafijah dan ayah dari 4 putra dan 3 putri ini juga pernah menjabat sebagai Dan POMDAN III Siliwangi di Bandung dan  dan  DAN PUSDIKPOM di Cimahi.
Jenazah Aboeng Koesman dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Cikutra, Bandung, pada Minggu siang.(Ss)***
Baca juga:  Komisi II DPRD Jabar Operasi Mendadak (SIDAK) Bahan Pokok Masyarakat di Pasar Baleendah