by

Gubernur Lantik Bupati Garut 2019 – 2024

Seputarnews.com/ BANDUNG – Atas nama Presiden RI, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil melantik dengan resmi Rudy Gunawan dan Helmy Budiman sebagai Bupati dan Wakil Bupati Garut untuk periode tahun 2019 – 2024 berdasarkan surat Kepmendagri No131.32-439 tahun 2019 tentang pengangkatan Bupati Garut.

Di periode keduanya ini pasangan Bupati terpilih hasil Pilkada serentak ini, diharapkan membawa Garut menjadi Kabupaten terbaik dan percontohan di Jawa Barat. Gubernur Ridwan Kamil menilai Rudy dan Helmi memiliki pengalaman dalam kepemimpinannya sehingga tidak perlu lagi beradaptasi melainkan langsung bekerja mewujudkan visi dan misi.

“Mereka punya pengalaman yang luar biasa karena sekarang periode kedua. Saya titipkan di periode kedua ini Garut harus jadi Kabupaten terbaik,” ucap Gubernur usai pelantikan di Aula Barat Gedung Sate Bandung, Rabu (23/1/19).

Menurut Emil, sapaan akrab Gubernur, Garut memiliki keistimewaan terutama potensi wisata. Hampir semua keindahan alam ada di Kabupaten yang berjuluk Garut Swiss van Java ini. Untuk itu Emil meminta di era kepemimpinan Bupati Garut sekarang, sektor pariwisata menjadi salah satu prioritas yang dikolaborasikan dengan Pemprov Jabar.

“Dari semua daerah, Garut adalah Kabupaten paling lengkap potensi pariwisatanya dan kami lihat sendiri waktu naik kereta bersama Pak Presiden banyak melewati keindahan alam,” ujarnya.

Emil optimistis, dalam 5 tahun ke depan perekonomian Garut akan meningkat pesat terlebih proyek tol Cigatas yang akan sampai ke Banjar akan dibangun tahun ini.

“Saya yakin dalam 5 tahun akan meningkat pesat apalagi rencana pusat membangun tol Cigatas yang akan sampai banjar. Tugas daerah hanya memastikan proyek ini lancar kalau dana dari pusat dan investasi,” kata Emil.

Baca juga:  System PPDB 2018 cukuf Bikin Gelisah Para Orang Tua Calon Siswa Didik

Walaupun dilihat dari beberapa indeks pembangunan di Garut membaik akhir-akhir ini, namun menurut Emil masih terdapat masalah yang harus jadi perhatian terutama pada pemerataan karena luasnya wilayah.

“Saya lihat indeks-indeksnya membaik walaupun masalah juga masih banyak karena Garut ini memang sangat luas dan sudah diusulkan untuk pemekaran. Masalah stunting juga harus jadi perhatian,” jelasnya.

Seperti melantik kepala daerah lain, Gubernur juga berpesan tiga hal yang harus menjadi landasan pemerintah daerah Garut, yaitu integritas, pelayanan dan profesionalitas.

“Saya menitipkan agar Bupati Garut menjadi teladan bagi rakyatnya, saya selalu sampaikan tentang tiga hal yaitu jaga intergritas, melayani, dan profesionalitas,” pesan Gubernur. (ds)*