by

H -50, Venues Asian Games 2018 di Jabar sudah siap

SeutarNews/

JAKARTA — Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat H. Mochamad Iriawan mengatakan menjelang puncak pelaksanaan kompetisi olahraga internasional ASIAN GAMES 2018 yang akan berlangsung 50 hari lagi, sejumlah venues olahraga di Jawa Barat sudah siap digunakan.

Seperti yang diketahui, Provinsi Jawa Barat menjadi lokasi venues terbesar kedua setelah Jakarta dalam penyelenggaraan ASIAN GAMES 2018. Adapun sejumlah cabang olahraga (cabor) yang akan dipertandingkan diantaranya Sepak Bola, Kano Slalom, Paragliding, Road Bicycle Racing, dan Mountain Bike Cycling.
“Secara keseluruhan kami siap melaksanakan ASIAN GAMES 2018,” kata Iriawan, usai Rapat Persiapan Asian Games bersama Wakil Presiden RI Jusuf Kalla, di Kantor Sekretariat Inasgoc, Senayan – Jakarta, Jumat (29/06/2018).
Untuk prosesnya, Iriawan, atau akrab disapa Iwan memaparkan progress persiapan di venues Jawa Barat. Seperti misalnya di stadion Sepak Bola Si Jalak Harupat Soreang, Kabupaten Bandung, yang kesiapan infrastrukturnya sudah mencapai 75 persen.
“Untuk rumput di Si Jalak Harupat sudah 60 persen, karena menanam rumput di Stadion ini memang sedikit sulit, perlu teknik khusus,” katanya.
Begitupun stadion Pakansari Kabupaten Bogor, yang sudah siap infrastrukturnya 75 persen, dan rumput siap 90 persen. Adapun Stadion Patriot kota Bekasi, perbaikan infrastrukturnya juga sudah mencapai 75 persen, dengan kesiapan rumput 90 persen.
“Begitu pula Stadion Wibawamukti Kabupaten Bekasi yang keseluruhan infrastrukturmya 75 persen, dengan penanaman rumput sudah 90 persen,” jelas Iwan.
Sementara itu, di Kabupaten Subang untuk venues Road Bicycle Racing. Akan melewati rute Dolog – Purwakarta- Karawang – Jalan Cagak. Persiapannya sudah mencapai 75 persen.
“Di sini perlu rekayasa lalu lintas, jalan akan ditutup sepanjang 145 km selama 3 jam, nanti ada water barrier, juga traffic cone,” paparnya.
Sementara itu, untuk cabor Paragliding, Iwan menyebut kegiatan tersebut akan diselenggarakan di Gunung Mas Puncak di Kabupaten Bogor dan infrastrukturnya sudah 80 persen.
Selain itu, cabor Kano Slalom, akan diselenggarakan di Bendung Rentang Majalengka dengan kesiapan infrastruktur 80 persen.
Wakil Presiden Republik Indonesia Jusuf Kalla (JK) menyebut, secara keseluruhan segala hal terkait penyelenggaraan ASIAN GAMES 2018 sudah siap.
“Venue semua siap, yang belum paling lambat bulan depan selesai. Kami yakinkan semua venues siap,” kata JK.
“Penyelenggaraan dari laporan Inasgoc semua siap,” katanya.
Menurut JK, yang diperlukan sebagai fiksasi kesiapan venues adalah simulasi, atau uji coba. Sehingga, pada bulan Agustus mendatang pesta olahraga matang untuk digelar.
Saat ini kata JK, para talent tengah mempersiapkan penampilannya untuk upacara pembukaan dan penutupan ASIAN GAMES 2018.
” Sekarang sedang latihan-latihan,” katanya.
Begitu pula para atlet yang terus berlatih mempersiapkan yang terbaik.
Sementara itu, berdasarkan laporan yang Ia terima, telah mendaftar sebanyak 45 negara di kawasan Asia.
ASIAN GAMES 2018 kali ini pun diikuti sekutar 21 ribu atlet dan official. Terdiri dari sekitar 15 ribu atlet, dan 7 ribuan orang official.
“Ternyata Antusiasme negara peserta jauh lebih tinggi dari apa yang kita rencanakan semula,” kata JK.