Hari Kedua pasca Lebaran 1440 H Jalur Selatan Baru Mengalami Kemacetan Cukuf Parah

Seputarnews.com/ Lalu lintas hari kedua pasca lebaran 1 syawal 1440 H mulai mengalami kemacetan arus lalu lintas terjadi di jalur lintas selatan Probolinggo. Antrean kendaraan mulai terlihat di exit gerbang Tol Probolinggo Timur dan mengular ke selatan sejauh 5 kilometer.

Kemacetan panjang diduga terjadi seiring meningkatnya volume kendaraan pada H+1 arus balik lebaran Idul Fitri 1440 hijriah.Kendaraan yang mendominasi kemacetan adalah motor dan mobil pribadi. Banyaknya persimpangan jalan di jalur lintas selatan Probolinggo, diduga juga menjadi faktor terjadinya penumpukan kendaraan.

Salah seorang pemudik, mengatakan, jika kendaraannya sudah terjebak kemacetan sekitar 30 menit. Arus lalu lintas sudah tersendat sejak keluar dari gerbang Tol Probolinggo timur.

“Sudah cukup lama macetnya, ya dari keluar tol sampai jalan menuju Lumajang ini terus tersendat,” ungkap Endik, Kamis (06/6/2019).

Senada dikatakan Firman, pemudik lainnya. Menurutnya dari Probolinggo menuju Lumajang, biasanya hanya sekitar 1 jam sudah sampai. Namun karena terjebak macet di exit tol, perjalanannya ke arah selatan terlambat sekitar 30 menit.

“Berangkat tadi sekitar pukul 10.30 WIB, tapi sampai sekarang belum bisa keluar dari kemacetan,” jelasnya.

Kasat Lantas Polres Probolinggo AKP Ega Prayudi mengatakan, banyaknya pertigaan dan perempatan jalan di sepanjang jalur selatan menjadi penyebab kemacetan di jalur ini.

“Banyaknya pertigaan dan perempatan di sepanjang jalur selatan menjadi biang kemacetan di H+1 Lebaran ini. Kita akan berpatroli di titik kemacetan, agar kemacetan bisa terurai,” kata Ega saat dihubungi via selularnya.

Dari pantuan di lokasi, kemacetan arus lalu lintas terjadi di sisi bahu jalan sebelah timur, jalur lintas selatan Probolinggo – Lumajang. Sementara di sisi sebelah barat, terjadi kepadatan namun arus kendaraan masih tetap bergerak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *