by

Information and Communication Technologies (ICT) Harus Inklusif Terhadap Masyarakat.

Seputarnews/KAB. BANDUNG — Wakil Gubernur (Wagub) Jawa Barat (Jabar) Uu Ruzhanul Ulum mengatakan, perkembangan Information and Communication Technologies (ICT) harus inklusif terhadap masyarakat.

Uu pun mengapresiasi peran kegiatan Diaspora 2019 CGen Festival dalam meningkatkan pengetahuan bagi generasi muda terkait perkembangan ICT, juga kebermanfaatannya terhadap kehidupan masyarakat secara luas.

“Kegiatan ini kolaborasi pemerintah, universitas, dan unsur bisnis, komunitas, juga melibatkan media, ini contoh kolaborasi Pentahelix yang baik menuju Jabar Juara Lahir Batin,” kata Uu saat menghadiri CGen Festival di Telkom University Convention Hall, Kabupaten Bandung, Kamis (17/10/19).

Untuk membawa dampak positif bagi masyarakat, Uu pun mengatakan bahwa ICT yang inklusif harus bisa mendorong pembangunan dan berkontribusi meningkatkan pertumbuhan ekonomi kerakyatan.

“ICT juga bisa berdampak luas terhadap pembangunan ekonomi, meningkatkan kesejahteraan masyarakat, dan memperkuat pilar bangsa,” kata Uu.

Maka, lanjut UU, pesatnya perkembangan ICT harus mampu mendorong masyarakat untuk mengutamakan kepentingan bersama dan membina ikatan sosial sehingga tercipta kehidupan yang lebih baik bagi semua.

Kepada para mahasiswa yang menjejak jenjang pendidikan di universitas, Uu pun berpesan agar mereka terus bereksplorasi untuk menemukan inovasi yang berguna bagi masyarakat.

“Jangan sampai mahasiswa hanya belajar dan belajar. Setelah lulus bekerja dan bekerja hanya untuk kepentingan sendiri. Baiknya, dengan ilmu yang dikuasai, bersumbangsihlah demi kebermanfaatan masyarakat,” ujar Uu.

Wakil Rektor Bidang Akademik Telkom University Dadan Rahardian sementara itu mengatakan, Telkom University yang terintegrasi dengan PT Telkom Indonesia punya visi memajukan industri ICT di Indonesia dan sejalan dengan perkembangan Revolusi Industri 4.0.

“Apalagi banyak sekali perkembangan teknologi saat ini yang lahir dari tangan anak muda. Contohnya (perusahaan) unicorn yang terus berkembang hadir dari kolaborasi berbagai disiplin ilmu,” kata Dadan.

Baca juga:  Ridwan Kamil Lepas Pengiriman Perdana Minyak Goreng Curah yang Dipesan Via Aplikasi

“ICT diharapkan menghadirkan pertumbuhan ekonomi bangsa. Ekosistem bisnis start up ini berkembang luar biasa,” tambahnya.

Dadan pun memberikan beberapa contoh perusahaan transportasi online sebagai bentuk perkembangan ICT yang memberikan manfaat bagi masyarakat sehingga harus diberi ruang oleh regulator atau pemerintah.