by

Jabar Siapkan Strategi Lacak dan Tes COVID-19 Berbasis RT

Butuh 262.388 Tracer Lapangan, 1.100 Tracer Digital

Seputarnews.com / BANDUNG — Pemda Provinsi Jawa Barat sedang menyiapkan strategi pelacakan dan pengetesan berbasis RT/RW. Penguatan diperlukan guna menekan laju penularan terutama dengan kehadiran virus COVID-19 varian delta.

Senin (26/72021) pagi, Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil memimpin rakor bersama Kodam III/Siliwangi – Polda Jabar beserta polres, Polda Metro Jaya serta stakeholders lain guna membahas skema di lapangan.

Disepakati, satu RT minimal harus ada satu pelacak (_tracer_) yang berasal dari kader karang taruna, PKK, dan relawan yang dilatih. Tracer lapangan ini akan melacak kontak erat dari kasus positif yang terkonfirmasi. Tracer lapangan akan lapor ke babinsa/bhabinkamtibmas untuk diteruskan ke tracer digital yang berdiam di puskesmas.

Dari tracer digital, data akan dilaporkan ke koramil – kodim – kodam sampai akhirnya bermuara di Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) selaku koordinator percepatan pelacakan dan testing ini.

Di Jabar ada sekitar 262.388 RT yang berarti butuh 262.388 tracer lapangan. Sementara puskesmas ada 1.100 unit yang berarti butuh 1.100 tracer digital.

“Tracer di Jabar satu RT satu orang. Yang kedua tracer lapangan bisa satu atau dua orang dan tugasnya bisa berinisiatif, dengan atasannya tracer digital. Nah itu, kemudian pastikan mereka (_tracer digital_) paham cara mengisi digital,” ujar Ridwan Kamil.

Untuk tracer lapangan, sudah ada 200 ribu kader PKK terlatih dan tinggal penajaman mengenai teknis pelaporannya. “Laporan terakhir sudah ada 200 ribuan kader PKK yang siap jadi _tracer_, itu sudah _by name by addres_,” sebut Ketua TP PKK Provinsi Jawa Barat Atalia Ridwan Kamil.

Sementara dari karang taruna, sudah ada 10.300 anggota yang siap diterjunkan jadi tracer lapangan. “Itu sudah _by name by addres_ dilakukan lewat google form. Kami masih menunggu bagaimana alur informasinya,” kata Ketua Karang Taruna Jabar Raden Subchan Daragana.

Baca juga:  Gub Jabar Ridwan Kamil Luncurkan Forum Diaspora Jawa Barat

Sementara untuk tracer digital, sudah ada tenaga dari Kodam III Siliwangi yang sudah dilatih. “Kami sudah ada tracer digital 470 personel. Tracer digital posisi ada di puskesmas dan mereka akan menerima laporan dari tracer lapangan,” jelas Pangdam III Siliwangi Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto.

Gubernur melanjutkan dengan menitip pesan, agar nanti para petugas di lapangan meniatkan diri untuk mencari orang sakit agar bisa segera diberikan pertolongan dan menjauhkannya dari orang sekitar yang sehat.

“Kita di lapangan yang paling penting mencari orang sakit dan memisahkannya dengan orang yang sehat. Jumlah relawannya sudah memadai, ini mungkin menjadi penyemangat kita semua,” sambung Ridwan Kamil.

*HUMAS JABAR*