by

Jawa Barat 100% Siap Asian Games

Seputar News/KOTA BANDUNG – Puncak gelaran kompetisi olahraga terbesar se-Asia, Asian Games XVIII 2018 akan dimulai 15 hari mendatang. Sekretaris Daerah Jawa Barat Iwa Karniwa memastikan bahwa venue-venue di Jawa Barat telah siap 100%.

Jawa Barat akan menyediakan venue untuk cabang olahraga (cabor) sepakbola di Stadion Pakansari Kabupaten Bogor, Stadion Patriot Kota Bekasi, Stadion Wibawamukti Kabupaten Bekasi, dan Stadion Si Jalak Harupat Kabupaten Bandung, venue road bicycle racing di Kabupaten Subang, venue Kano Slalom di Bendung Rentang Majalengka, venue Paragliding di gunung Mas Puncak Kabupaten Bogor, serta venue Mountain Bike Cycling di kawasan hutan Bunihayu Kabupaten Subang.

Iwa menuturkan, untuk venue sepak bola sudah rampung 100%, termasuk juga untuk tempat latihan. Menurutnya, tempat latihan cabor sepakbola akan berlokasi di sarana olahraga terpadu Arcamanik, yang juga dijadikan pusat pengendalian operasional Asian Games yang ada di Jawa Barat.

“Sepakbola itu di Jalak Harupat alhamdulillah perkembangannya sudah 100%. Sekarang lebih kepada keindahannya, baik itu rumput, kebersihan dan sebagainya. Itu untuk yang Jalak Harupat, Pakansari, Wibawamukti dan Patriot,” pungkas Iwa ditemui usai menghadiri Apel Gelar Pasukan dalam rangka Pengamanan Asian Games XVIII Tahun 2018, di Lapangan Gasibu Bandung, Jum’at (3/8).

“Jadi untuk yang tempat sepakbola alhamdulillah sudah beres. Termasuk juga untuk tempat latihan. Pusat pengendali operasional yang ada di Jawa Barat itu di Sarana Pembinaan Olahraga Terpadu (SPOrT) Arcamanik, dan itu juga sekaligus untuk tempat latihan (cabor) sepakbola,” sambungnya.

Iwa juga mengatakan, venue Road Bicycle Racing sepanjang 145 km melalui rute Dolog – Purwakarta- Karawang – Jalan Cagak, telah siap 100%. Begitupun dengan cabor Kano Slalom di Bendung Rentang Kabupaten Majalengka, persiapan sudah capai 100%.

Baca juga:  Dukungan Kesehatan Mental Selama Pandemi, Pikobar Kini Punya Fitur Konsultasi Jiwa

Meski sempat terhambat pada masalah akses, namun saat ini kesiapan venue paragliding di Gunung Mas Puncak Kabupaten Bogor, sudah siap 100%. “Kemarin kan ada masalah akses jalan, sekarang sudah selesai , sehingga (venue) sudah siap untuk melakukan pertandingan,” ujar Iwa.

Disinggung terkait persiapan kirab obor Asian Games, Iwa yakin persiapan telah dilaksanakan dengan baik. Ia mengaku susah memantau persiapan kirab dibawah koordinasi Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat.

Rencananya, kirab obor Asian Games akan sampai ke Bandung pada 11 Agustus 2018 mendatang. Dimulai dari GT Pasteur dibawa menuju Jalan Dr Djundjunan (Pasteur) kemudian naik ke Jembatan Pasupati. Selanjutnya obor akan turun melalui kawasan Balubur dan terus ke arah Jalan Badak Singa,(Adr)