by

JPCH bersama Dansektor 3 Citarum Harum Kembali Gelar Menanam Bibit Pohon di Desa Mekarjaya Kab. Bandung

Sejumlah 1000 bibit pohon siap ditanam di kawasan wisata curug Roda Desa Mekarjaya ,Kecamatan Pacet Kabupaten Bandung .

Seputarnews.com/ KAB. BANDUNG – Ketua Komunitas  Jurnalis Peduli  Citarum Harum (JPCH ) Asep Mulyana sebagai Ketua JPCH bersama Dansektor  3 Citarum Harum dengan Komando Kolonel Kav. Hudiono kembali mengadakan kegiatan penanaman bibit pohon,  dirangkaikan dengan bagi- bagi Masker kepada warga masyarakat Desa Mekarjaya Kecamatan Pacet Kabupaten Bandung , Minggu (18/10/2020).

Walau dalam kondisi pandemi COVID-19 sebagai  salah satu komunitas Jurnalis Peduli  Citarum Harum (JPCH ) bersama Dansektor  3 Kolonel Kav.Hudiono tidak menjadikan suatu halangan atau kendala mereka tetap semangat  melaksanakan kegiatan penanaman pohon, tidak lepas  dengan Penegakan Disiplin Protokol Kesehatan Covid 19  seperti himbauan 3 M yaitu memakai Masker, Mencuci tangan, dan Menjaga jarak.

Komunitas  JPCH  Asep Mulyana sebagai Ketua bersama Dansektor  3 Kolonel Kav.Hudiono kembali menggelar acara penanaman bibit pohon bersama masyarakat Desa Mekarjaya ,Kecamatan Pacet Kabupaten Bandung , kegiatan tersebut bertemakan ” Mari Kita Menanam Sebelum Kita Di Tanamkan

Pada kesempatan kegiatan tersebut Panitia pelaksana Hendra Bunawan ( Ucok) melaporkan , bahwa dengan terselenggaranya kegiatan ini adalah rasa kepedulian sebagai Komunitas JPCH terhadap alam dan lingkungan yang ada di Jawa Barat. kegiatan JPCH bukan hanya kali ini namun sudah ke  4 kalinya di gelar JPCH, adapun manfaatnya menanam bibit pohon untuk diri Sendiri dan Anak Cucu kita  nanti. papar Ucok;

Sosialisasi masyarakat sadar lingkungan Terutama yang berkaitan dengan Program Citarum Harum dan pelestarian ekosistem lingkungan yang berada lingkungan sekitar Curug roda yang merupakan obyek wisata yang belum tersentuh, yang konon katanya banyak ceritra mistik nya.

Dansektor 3 Kolonel Kav.Hudiono mengatakann ,” kita sangat prihatin melihat kondisi saat ini banyak hutan yang gundul sehingga menyebabkan banjir dan longsor , seperti yang terjadi di Garut selatan dan Tasikmalaya, kita tidak berharap itu  , ” Ujar nya.

Baca juga:  Anggota DPRD Jabar Yosa Octora Santono Gelar Reses di Ciganjeng Pangandaran

” Namun kita jangan terlena kita tetap harus waspada, maka nya hari ini kita bersama  melakukan penanaman pohon agar hutan kita terjaga , untuk anak cucu kita nanti, mari kita menanam sebelum kita di tamam ,” Ajak Dansektor.

Sambutan selamat datang dari Wakil Bupati Kaupaten Bandung Gun Gun dalam paparannya mengatakan ,” Saya selaku wakil bupati sangat mendukung kegiatan yang dilakukan  JPCH bersama Dansektor 3 untuk melestarikan alam. Terutama curug roda yang bisa menjadi destinasi wisata, hal ini merupakan aset buat desa mekarjaya.

” Agar curug roda bisa tetap terjaga kebersihannya apalagi di sini ada mata air yang yang bisa menjadi sumber kehidupan , kalau tidak kita rawat kasihan nanti anak cucu kita kelak bisa kekurangan air. ” Ujar Gun Gun;

Kegiatan ini sangat bagus disamping melertasikan alam juga untuk mensosialisasikan curug roda  agar menjadi sebuah obyek wisata yang di miliki desa mekarjaya, serta kegiatan ini akan terus kami lakukan sebagai bentuk dukungan terhadap program citarum harum bersama sektor lain nya. Disini kita mencoba berbaur dan berharmony dengan alam dengan balutan diskusi serta sarasehan tentang alam yang harus kita jaga dan kita lindungi bersama ,” paparnya;

” Gun Gun menambahkan ,kita menanam hari ini mungkin bukan kita yang memetik tapi nanti mungkin anak cucu kita juga yang menikmati, karena merawat alam ini tugas kita bersama , jadi kami mendukung JPCH lanjutkan terus My Darling amazing ,” Tambah Wabup.

Hadiri pada kegiatan penanaman bibit pohon  tersebut dari  berbagai unsur Muspika, Wakil Bupati, Anggota DPD.RI.( Eni Sumarni ) DLHK Provinsi Jawa Barat , kepala Desa mekarjaya ( Dindin, ) BPD ( Bubun ), Pramuka sabilulungan, Hani (Founder Gerakan Hejo), Badega, serta Tokoh Masyarakat dan komunitas lain nya.

Baca juga:  Beni Irawan,SH, Terpilih Kembali Sebagai Ketua DPC APDESI Kab. Cianjur

Sementara ketua my darling Kabupaten Bandung Arbim mengatakan  ” My Darling ini merupakan program Jpch yang mana para jurnalis yang tergabung di JPCH dalam rangka mendukung program citarum harum bukan hanya sekedar memberitakan saja namun kami juga mencoba menjadi pelaku langsung dengan cara membaur dengan masyarakat untuk mensosialisasikan kepada  masyarakat agar sadar untuk menjaga lingkungan.

“Program ini akan terus di lakukan keliling di tiap sektor yang ada di Citarum , dan terus menggelorakan kesadaran masyarakat terhadap lingkungan,” pungkasnya.  (Asmul)*