by

Kang Emil Ajak ASN Pemprov Jabar Ikuti “Gaya Kerjanya”

Seputar News/BANDUNG – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil memimpin apel pertamanya semenjak dilantik. Dalam arahan apelnya, Ia mengatakan bahwa setiap pemimpin memiliki gaya, metode dan kebiasaan yang berbeda. Untuk itu Ia meminta agar para ASN menyesuaikan dengan cara kerja dirinya.

“Ini apel pertama saya sebagai Gubernur untuk memberikan arahan terkait apa saja yang harus dicermati selama 5 tahun kedepan,” ujar Gubernur yang akrab disapa Emil, Senin (17/09/2018).

“ASN harus seperti air, menyesuaikan dengan bentuk tempatnya berada, artinya ikuti gaya pemimpinnya,” ujarnya.

Dikatakannya, ASN harus cepat dalam bekerja dan ketika melayani masyarakat. Mereka juga diminta menyesuaikan dengan perkembangan zaman seperti memanfaatkan teknologi informasi, responsif dan profesional.

“Bapak, Ibu yang masih ‘gaptek’ harus belajar lagi karena rakyat sekarang makin canggih. Itulah kenapa saya punya media sosial, isinya pemberitaan positif, menjawab pertanyaan warga, memposting kegiatan, mengedukasi dengan nasihat,” paparnya.

Untuk menjaga kesehatan dan kebugaran dalam pelayanan, Emil juga menyarankan para ASN menggunakan sepeda seperti kebiasaannya saat pergi dan pulang kantor.

“Saya sering naik sepeda sampai sekarang, mari sama-sama kita lakukan,” ajaknya.

Emil menerangkan bahwa ASN diukur oleh tiga nilai yaitu integritas, profesionalisme dan keikhlasan melayani. Untuk meningkatkan tiga hal itu, rencananya dalam waktu dekat Ia akan mengirim sejumlah ASN untuk belajar ke luar negeri secara bertahap. Emil memiliki jaringan di beberapa negara untuk mengirim ASN seperti yang sudah dilakukannya saat menjadi Walikota Bandung.

“Saya dengan jaringan yang saya bangun sudah mengirim ASN ke Amerika untuk kursus, Insya Allah sekarang sebagai Gubernur pun sebagai rasa sayang pada profesionalitas ASN saya akan bikin program itu, terdekat ke Singapura dulu setiap berapa waktu sekali, Insya Allah ini supaya naik kelas,” terangnya.

Baca juga:  Jabar Punya Misi Pencak Silat Goes To Unesco

Selain untuk ASN, Emil juga berpesan kepada para Kamdal Gedung Sate untuk lebih ramah kepada masyarakat. Sebab, Ia telah mencanangkan akan menata Gedung Sate menjadi kawasan lebih ramah wisatawan. Dengan begitu kedepan Gedung bersejarah ini akan semakin banyak dikunjungi oleh para masyarakat dan wisatawan.

“Gedung Sate akan diutak-atik menjadi kawasan lebih ramah wisatawan karena ini rumah rakyat juga, untuk itu Kamdal harus lebih ramah senyum tapi juga tegas,” pintanya.

Apel ini juga dihadiri oleh Wagub Jabar Uu Ruzhanul Ulum, Sekda Jabar Iwa Karniwa, dan para pejabat eselon II. Di penghujung Apel pasangan Gubernur baru ini menyalami para ASN yang tengah berbaris sebagai tanda perkenalannya.(Arm)*