by

Komisi I DPRD Jabar Meminta BPKAD Kebut Target Inventarisasi Aset

Seputarnews.com / BANDUNG – Anggota Komisi I DPRD Provinsi Jawa Barat Rafael Situmorang meminta izin, Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Jabat untuk berpindah aset-aset dari pelimpahan dari Pemerintah Pusat.

Selain itu, Ia meminta kepada BPKAD, untuk mengakomodir bukti fisik dan dokumennya sehingga aset tersebut tidak menjadi masalah dan dapat memiliki kekuatan hukum yang kuat.

“Kedepan BPKAD harus menertibkan aset-aset pelimpahan dari pusat, artinya dilimpahkan ke daerah tetapi data dan dokumennya tidak ada. Karena ini yang sering menjadi masalah, ”ujar Rafael, Rabu (7/4/2021).

Lebih lanjut Rafael mendorong, BPKAD dapat mengejar target-target aset pelimpahan aset dari Pemerintah Pusat ke Pemerintah Provinsi agar memiliki kekuatan hukum yang tetap.

Dengan mengupayakan langkah yang progresif dan koordinasi yang terstruktur dengan pemangku kepentingan yang terkait, sehingga inventarisasi aset tersebut dapat memiliki kepemilikan yang tetap.

“Yang sangat ditampilkan adalah tidak ada tindaklanjut yang cepat untuk mengurusi aset tersebut dalam inventarisasi dokumen” katanya.

“Sehingga setelah dilimpahkan hanya menyisakan bangunan secara fisik tetapi tidak dilengkapi berkas pelimpahan dan dokuen penunjangnya”.

Baca juga:  Jawa Barat Lepas Ekspor Kelapa Parut ke Meksiko