by

Mengenal Lebih Dekat Profesi Jurnalis

Seputarnews.com/ Wartawan atau jurnalis atau pewarta adalah seseorang yang melakukan kegiatan jurnalistik atau orang yang secara teratur mencari dan menuliskan berita (berupa laporan) dan tulisannya dimuat di media massa secara teratur. Seorang wartawan harus memiliki rasa ingin tahu yang tinggi dan kemampuan untuk menuliskan fakta atau peristiwa menjadi sebuah artikel yang menarik dan logis. Dalam menulis berita, seorang wartawan juga harus memahami penggunaan bahasa secara tepat dengan mengikuti kaidah-kaidah bahasa sesuai dengan Ejaan .

Seorang wartawan akan dituntut untuk mencari dan menulis berita setiap harinya. Rutinitas tersebut tentunya penuh dengan tekanan baik dari atasan, narasumber maupun para pembaca berita Anda. Tidak seperti pekerja kantoran biasa yang memiliki jam kerja pasti, seorang wartawan akan dituntut untuk selalu siap dan siaga. Kapanpun, dimanapun, apapun yang sedang Anda lakukan dan bagaimanapun perasaan Anda, jika terjadi suatu peristiwa penting maka Anda harus mengesampingkan semuanya demi mendapatkan berita ekslusif dari tempat kejadian secara langsung. Jadi, jadwal Anda tidak akan menentu dalam sehari.

Wartawan  tidak dapat memprediksi kapan sebuah peristiwa penting akan terjadi. Maka seperti yang dibahas sebelumnya bahwa wartawan tidak memiliki jam kerja yang pasti.

Jika Jurnalis sedang meliput sebuah peristiwa secara langsung, Anda bisa menunggu hingga berjam-jam bahkan berhari-hari. Selain itu, suatu lembaga atau korporasi juga dapat mengundang wartawan ke acaranya kapan saja, baik malam maupun pagi buta sekalipun tanpa mengenal hari kerja ataupun akhir pekan.

Menjadi seorang wartawan berarti seorang Jurnalis  harus terbiasa bertemu dengan orang penting. Beberapa teman Anda mungkin akan merasa iri saat tahu Anda melakukan wawancara atau liputan bersama dengan Presiden, Menteri hingga orang-orang terkenal lainnya. Yang tidak mereka tahu adalah untuk melakukan hal tersebut Anda harus berebut dan berdesakan dengan puluhan wartawan lainnya. Meski demikian, memiliki kesempatan bertemu dengan orang-orang penting tetap merupakan kebanggaan tersendiri bagi para pencari berita.

Berita terkini adalah berita yang paling banyak dicari dan disukai para pembaca. Oleh karena itu, seorang wartawan akan selalu dikejar oleh deadline tiada henti. Media tempat  bekerja tentu ingin menjadi yang pertama dalam menerbitkan sebuah berita, apalagi jika hal tersebut merupakan peristiwa penting. Rutinitas seperti itu bisa membuat Anda merasa tertekan hingga rentan terkena stress.

Membuat  berita harus bisa menjelaskan suasana dengan detail agar pembaca dapat merasakan kondisi seperti apa yang tertera di dalam tulisan deskriptif tersebut.

Berbicara tentang formula penulisan deskriptif dalam bahasa Inggris, yang perlu kita ketahui adalah

5W + 1H, yaitu What (apa), Who (siapa),

 When (kapan), Where (di mana),

Why (kenapa), dan How (bagaimana).

Sebuah berita haruslah disajikan secara aktual berdasarkan fakta yang terjadi di lapangan. Namun, kadang ada beberapa pihak yang merasa dirugikan dan tidak terima dengan pemberitaan tersebut hingga wartawan yang menulisnya menjadi sasaran. Oleh karena itu, Jurnalis harus  selalu waspada karena wartawan rentan dengan ancaman bahkan hingga teror. Jadi, masih ingin menjadi wartawan?

Bila Setelah membaca artikel diatas, tentu Wartawan  akan menyadari bahwa menjadi seorang wartawan atau jurnalis bukanlah profesi yang mudah. Akan tetapi, pekerjaan tersebut sangat cocok untuk Anda yang gemar menulis, tahan banting dan menyukai tantangan-tantangan baru.

Jika Anda ingin menjadi seorang wartawan, jadilah wartawan yang berbobot dengan menyebarkan berita berdasarkan fakta dan sumber yang terpercaya.

 (Mang Ozol)*