by

Pansus IV Optimistis Ketahanan Energi Daerah Jabar

Seputar News/JAKARTA-Selasa, 16 Oktober 2018,Pansus IV DPRD Provinsi Jawa Barat lakukan konsultasi dengan Dewan Energi Nasional terkait pembahasan Raperda Rencana Umum Energi Daerah (RUED)

Konsultasi Pansus IV Ke Dewan Energi Nasional Tentang Pembahasan Raperda Rencana Umum Energi Daerah, Jakarta, , Rabu (10/10/2018).

Pansus IV DPRD Provinsi Jawa Barat lakukan konsultasi dengan Dewan Energi Nasional terkait pembahasan Raperda Rencana Umum Energi Daerah (RUED).

โ€œKami dari Pansus IV yang membahas raperda rencana umum energi daerah sengaja berkonsultasi ke dewan energi nasional karena yang mengamanatkan RUED itu adalah RUEN, karena RUEN salah satu dapurnya ada di Dewan Energi Nasionalโ€ ucap Ketua Pansus IV DPRD Provinsi Jawa Barat Daddy Rohanady, Rabu (10/10/2018).

Daddy menjelaskan, dari hasil konsultasi Pansus IV DPRD Jabar dengan Dewan Energi Nasional bahwa tim penyusun Rencana Umum Energi Nasional (RUEN) telah memiliki data-data terkait potensi yang dimiliki oleh Provinsi Jawa Barat salah satunya adalah potensi tenaga surya.

โ€œSesuai pada RUEN tahun 2025 hingga 2050 telah ditetapkan target 23-31 persen bauran energi terbarukan, tetapi di Jawa Barat masih diangka 17 persen masih ada selisih 6 persen. Kedepan 12 juta masyarakat mencoba mengarah ke kemandirian energi baik di rumah tangga bahkan nanti akan sampai ke tingkat desa, sehingga akan terciptanya ketahanan energi daerah yang kita inginkanโ€ jelas Daddy.

Lebih lanjut Daddy mengungkapkan, permasalahan pemanfaatan sumber daya energi saat ini terbentur oleh biaya yang cukup tinggi terlebih Jawa Barat dengan jumlah populasi masyarakat terbanyak di Indonesia.

โ€œKawan-kawan menyampaikan jika energi surya digunakan maka biaya yang dikeluarkan cukup 3 juta perumah tangga. Mestinya masih bisa terjangkau, tetapi hal tersebut juga tidak mudah karena ada 12 juta sehingga total dana yang dibutuhkan sebanyak 36 Triliun jumlah yang tidak sedikit APBD kita sekitar 30 Triliun lebih, satu tahun bisa habis APBD kini. Mungkin hal ini akan kita lakukan bertahapโ€ papar Daddy.

Baca juga:  Jaring Aspirasi, DPRD Jabar Gelar Reses I Tahun 2019

Terkait usulan pembuatan Forum Energi Daerah, Daddy menjelaskan bahwa tugas tersebut akan diaplikasikan pada tugas dewan.

โ€œKalau di pusat ada Dewan Energi Nasional tapi ketika dihadirkan di daerah tidak memungkinkan di buat Dewan Energi Daerah. Tapi dibuatlah forum atau tugas pengawasannya dijadikan tugas pengawasan yang melekat di tugas pengawasan yang dilakukan oleh dewanโ€ kata Daddy.

Daddy berharap, pembahasan dua Raperda yang saat ini tengah dilakukan oleh pihaknya dapat segera rampung untuk selanjutnya dilakukan pembahasan dan pendalaman pada agenda pansus berikutnya. โ€œPansus empat ingin secepatnya menyelesaikan ini, karena terkait pembahasan selanjutnya akan dilakukan pembahasan pasal perpasal dan hal-hal yang krusial rencana umum energi daerah akan kita bahas pada momen tersebutโ€ pungkasnya.(DS)*