by

Pansus IV Soroti Kesenjangan Jumlah Tenaga Kesehatan di Jawa Barat

Seputarnews.com/Bandung- Wakil Ketua Pansus IV DPRD Provinsi Jawa Barat Yod Mintaraga menyatakan, jumlah tenaga kesehatan khususnya dokter spesialis di Jawa Barat merupakan 25% dari total jumlah tenaga medis di Indonesia.

Namun jumlah tersebut, nyatanya belum mampu memberikan pelayanan kesehatan yang baik bagi masyarakat Jawa Barat.

Kesenjangan jumlah tenaga medis di beberapa daerah di Jawa Barat menjadi salah satu faktor, pelayanan kesehatan belum berjalan optimal.


โ€œSaya memohon dinas kesehatan mampu membuat terobosan mengatur tentang kesenjangan tenaga medis di daerah-daerah terpencil di Jawa Baratโ€ ungkapnya di Gedung DPRD Jabar, Senin (1/7/2019).

Ia menambahkan, permasalahan terkait kesenjangan jumlah dokter di daerah di Jawa Barat sudah terjadi sejak lama. Oleh karena itu, pihaknya meminta kepada Pemprov Jabar untuk segera melakukan langkah strategis guna menyelesaikan permasalahan tersebut.

โ€œJawa Barat itu tidak kekurangan dokter seperempat dari jumlah dokter di Indonesia ada di Jawa Barat, tetapi adanya kesenjangan jumlah dokter spesialis di kabupaten/kota. Ini akan kita coba mengatur hal ini dalam perda, sehingga tidak ada lagi keluhan-keluhan terkait kekurangan dokter spesialisโ€ ujarnya.

Sampai saat ini, Pansus IV DPRD Provinsi Jawa Barat telah melakukan pembahasan Raperda Penyelenggaraan Kesehatan dengan melibatkan stakeholder terkait diantaranya Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat, Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota se-Jawa Barat, Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Jabar, Pakar dan Praktisi Kesehatan, serta unsur pendukung lainnya.

Baca juga:  Komisi V DPRD Prov Jabar Minta Pemprov Jabar Perhatikan Pelayanan Rehabilitasi Sosial Lanjut Usia