Pem.Kab. Bekasi Gelar Musrenbang Tingkat Desa 2021

Seputarnews.com/ Kab.Bekasi- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bekasi mengadakan Musyawaran Perencanaan Pembangunan (Musrembang) Tingkat Desa Kecamatan Tambelang dilaksanakan di Desa Sukawijaya Rabu, 13/1-2021

Dalam kesempatan acara Musrembang tersebut dibuka Ketua Bappeda Kab.Bekasi Dedi Supriadi ,MM mewakili Bupati Bekasi H. Eka Supriyatmaja yang dihadiri para kepala Desa tingkat kabupaten Bekasi.

Sementara Ketua BAPPEDA Memimpin langsung acara tersebut sekaligus memberikan kesempatan Tanya Jawab Langsung dengan Perwakilan dari sertiap Desa & Perwakilan Undangan lainnya, Untuk melakukan sesi tanya jawab terbuka.

Dalam Rapat Musrenbang Desa Sukawijaya Dedi memaparkan beberapa program prioritas Pemda Kab. Bekasi, ada 8 prioritas pembangunan di Kabupaten Bekasi Tahun 2021.

Program prioritas diantaranya Pendidikan, Kesehatan, Ketenaga Kerjaan, Tata Kelola Pemerintahan dan Pelayanan Publik, Insfratruktur, Persampahan dan Lingkungan Hidup, Ekonomi Kreatif dab Seni Budaya, Serta Pertanian

“Musrembang ini merupakan Finalisasi Rancangan Kab.bekasi sebelum diajukan ke Pemerintah Provinsi Jawa Barat. Ditahun ini pula ada beberapa Program yang dapat memacu kinerja Pemerintahan Desa berupa pemberian anggaran 1 Miliar.

Dalam 1 milyard Satu Desa” Pada awal Tahun 2021 .

Program ini diluncurkan demi mendukung tercapainya pemerataan pembangunan , di Kabupaten Bekasi terutama bagi Desa yang ingin memperbaiki isnpratruktur di wilayahnya , dan dana Rp.1,000,000,000,-. Ini Bukan Berasal dari Dana Desa Melainkan Dana dari APBD Kab.Bekasi

Dana ini diperuntukan Kepada Desa Penerima Bantuan Bukan Berupa Uang Tunai , Melainkan Dalam Bentuk Pembangunan senilai RP. 1000,000,000,-.
Diharapakan Setiap Kepala Desa Harus Mengusulkan Masing-Masing Wilayahnya untuk bisa menjadi Penerima Program Bantuan Pemerataan Pembangunan Tersebut .

Selain Program “SATU MILIAR SATU DESA” Dedi juga berpesan kepada seluruh kepala Desa untuk mendukung program Bupati Bekasi seperti dalam menekan adanya Penyebaran COVID-19 ini , di KAB.BEKASI bersama FORKOPIMDA. Terus berjuang untuk menekan tingkat penyebaran melalui program kampung tanggung jaya , dan Hal ini pun harus cepat di apresiasi selain ada pemberian Rewards juga akan diberikan bantuan uang untuk peringkat Satu, Dua , dan Tiganya .

Dengan seperti hal tersebut untuk para Kepala Desa agar bisa menunjuk kampung yang nantinya mewakili desa masing masing .

Program tersebut adalah kabar yang menggembirakan juga untuk Tahun ini Honor RT/RW dinaikan dan Pemberian Honor bagi Imam Masjid sebesar RP.2,500,000,-. Diharapkan harus dibarengi dengan peningkatan kinerja.

Dalam sesi Tanya Jawab yang dilakukan masa banyak program yang diusulkan salah satunya perizinan Rumah Ibadah agar Pemerintah Kabupaten Bekasi lebih memperhatikan proses perizinannya dengan memberikan kemudahan-kemudahan . Sebagai Tuan Rumah Kepala Desa Sukawijaya, H.Harun Berpesan agar Pemda untuk dapat mempertimbangkan kembali apabila pemberian List Pembangunan terdapat 5 namun yang terealisasi hanya 2 , Hal ini merupakan pukulan berat bagi kepala desa karna ketika List sudah turun , Pihaknya melakukan survei sehingga membuat harapan besar bagi warga masyarakat bisa terealisasi pembangunannya Namun kenyataannya meleset ,” kalau yang turun 2 list ya 2 saja , jangan dibuat menjadi 5″ ucapnya.

“Dedi dalam akhir rapat Musrenbang menyampaikan apresiasi yang sebesar besarnya kepada Camat Tambelang
DR.Firzawati.S.SI.SPT.MKM beserta kepala desa yang hadir dalam acara rapat ini.

“Dedi berharap kepada semua unsur muspika khususnya para Kepala Desa agar bisa sinergy dalam proses pencapaian pembangunan dan BAPPEDA siap untuk mendukung setiap usulan yang diusulkan.Katanya

Ia dengan optimis dibawah kepemimpinannya Bappeda yakin dan mampu menciptakan program terbaru dalam melakukan beragam inovasi baik membangun Komunikasi yang Harmonis antar instansi dan Perangkat Daerah lainnya , sebab BAPPEDA adalah lembaga teknis daerah di Bidang penelitian dan Perencanaan pembangunan daerah.ungkap Dedi

Kepada tim Monitoring Dedi juga mengucapkan Terimakasih , semoga semboyan semboyan Bekasi “Bekerja Bersama Untuk Bekasi Dua Kali Tambah Baik” bahkan akan bisa Tercapai. Pungkasnya .(Dewi)*

.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *