by

Pemkot Dorong Stadion GBLA Jadi Home Base Persib di Liga 1 2020

Seputarnewss/ PEMERINTAH Kota (Pemkot) Bandung mendorong penuh agar Persib Bandung bisa bermarkas di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA) Liga 1 2020 mendatang.

Demikian disampaikan oleh Wali Kota Bandung, Oded M. Danial setelah menggelar rapar koordinasi bersama Polrestabes Bandung Kombes Pol. Ulung Sampurna Jaya, Manajer Persib Umuh Muchtar, pengurus PSSI Jawa Barat, serta sejumlah petinggi kelompok bobotoh.

Dalam kesempatan tersebut, turut hadir Karo Provos Divpropam Polri, Brigjen Pol. Hendro Pandowo yang saat ini sekaligus menjabat sebagai kKetua Satgas Anti Mafia Bola. Hendro juga merupakan mantan Kapoplrestabes Bandung pada periode 2016-2018.

“Alhamdulillah hari ini ada pertemuan dalam rangka ingin memfungsikan GBLA. Di antaranya sudah dibahas ada dua hal, yaitu teknis dan nonteknis,” ujar wali kota di Hotel El Royale, Jalan Merdeka, Bandung, Jumat (21/2/2020).

Ia mengungkapkan, secara teknis Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) telah menerbitkan Sertifikat Laik Fungsi (SLF) untuk Stadion GBLA. Namun, Pemkot Bandung akan kembali memperbaharui SLF tersebut.

“Struktur bangunan, walau pun beberapa waktu ke belakang ada SLF jaminan dari Kemen PUPR, tapi untuk meyakinkan semua kita juga sedang berjalan proses LSF berkala,” tegasnya.

Dari sisi non teknis, ia cukup tenang lantaran kepolisian juga berkomitmen siap bekerja sama untuk menjaga keamanan saat Stadion GBLA saat menggelar pertandingan. “Ini memang kumpulnya manusia yang begitu banyak perlu pengamanan. Alhamdulillah kita semua sudah membahas dan ada kesepakatan,” katanya.

Wali kota kembali menegaskan, proses SLF bukan berarti Stadion GBLA tidak layak digunakan, namun untuk lebih meyakinkan bahwa stadion terbesar di Jawa Barat tersebut aman saat dipakai. “Saya berharap harapan dan cita-cita bobotoh Persib bisa berjalan dengan baik dan pertandingan bisa di sini. Namun tetap, demi meyakinkan kita, proses tetap dilaksanakan. Dalam waktu dekat progres tetap dilakukan,” ungkapnya.

Baca juga:  Ini Dia Cara Kabupaten Bekasi Raih Juara Umum Porprov

Sementara itu, Kapolrestabes Bandung, Kombes Pol. Ulung Sampurna Jaya menegaskan, kepolisian siap membuat skema pengamanan apabila Persib akan menggelar pertandingan di Stadion GBLA.

Tak hanya itu, Ulung juga menyatakan, akan turut serta membantu percepatan proses teknis guna memastikan keamanan penggunaan Stadion GBLA. “Tadi sudah dipaparkan untuk pengamanan kita siap. Di sini menyangkut pengamanan dan keamanan, kalau pengamanan itu sendiri tidak ada masalah dan kita siap melaksanakan. Kemudian untuk keamanan sedang kita kerjakan bersama-sama duduk bersama untuk mengecek kembali stadion baik secara fisik atau struktur. Apabila siap dinyatakan tidak ada masalah, oke kita jalan,” papar Ulung.

Sedangkan Manajer Persib, Umuh Muchtar sangat menyambut gembira upaya dari Pemkot Bandung dan Polrestabes Bandung untuk bisa mewujudkan harapan tim kebanggaan bobotoh ini berlaga di Stadion GBLA. Bahkan, menurutnya, manajemen tim telah mendaftarkan Stadion GBLA sebagai home base untuk berlaga di Liga 1 2020.

“Sudah didaftarkan jadi home base, insyaallah orang Jawa Barat akan gembira lagi,” kata Umuh.