by

Pengukuhan PASKIBRAKA, Wagub : Saya Yakin Mereka Siap

Seputar News/  

BANDUNG – Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar resmi mengukuhkan 56 orang Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (PASKIBRAKA) Republik Indonesia Tahun 2017 Tingkat Provinsi Jawa Barat di Aula Barat Gedung Sate Bandung pada Senin (14/8/2017) sore.


Sebelumnya telah dilaksanakan seleksi calon PASKIBRAKA pada tanggal 16-19 Mei 2017 yang dikuti 108 calon peserta. Hingga akhirnya terpilih 56 orang, yang terdiri dari 26 orang putra dan 28 orang putri, serta 2 orang PASKIBRAKA Wakil Jawa Barat ke tingkat Nasional atas nama Mohammad Naufal Ramdhan dari Kota Tasikmalaya dan Annisa Bulan Dewi dari Kota Bekasi yang telah mengikuti Latihan Pemusatan PASKIBRAKA Nasional di Cibubur Sejak 25 Juli 2017.

Pemusatan latihan PASKIBRAKA Tingkat Provinsi Jawa Barat dilaksanakan dari tanggal 2-17 Agustus 2017 bertempat di Wisma Dharma Bhakti dan Lapangan Gasibu Bandung yang dilatih oleh anggota TNI dari Rindam III Siliwangi dan POLRI dari Polda Jabar. 

Ditemui usai acara pengukuhan, Deddy mengatakan bahwa anggota PASKIBRAKA telah dibekali mental dan fisik yang siap menghadapi tugas mulia ini. “Mereka digembleng, dikarantina, dilatih baik mental maupun fisiknya. Saya yakin mereka sudah sangat siap,” ungkap Deddy. 

“Yang penting sikap kebersamaannya, selama latihan dan dikarantina kan selalu bersama-sama. Demikian juga rasa persaudaraan dan kekeluargaan serta rasa persatuan dan kesatuan. Jangan pernah luntur,” tegasnya. 

Setelah dikukuhkan, tugas berat para anggota PASKIBRAKA ini telah menanti, yaitu melakukan Pengibaran Sang Merah Putih pada Upacara Puncak Peringatan HUT ke-72 Kemerdekaan RI, serta Gelar Senja Tingkat Ibukota Provinsi Jawa Barat tanggal 17 Agustus 2017 di Lapangan Gasibu Bandung.

“Insya Allah mereka akan menjadi tunas-tunas harapan bangsa yang siap mengahadapi derasnya tantangan globalisasi, generasi muda yang memiliki karakter yang kuat, kepribadian yang tangguh, dan siap melakukan Bela Negara,” tutup Deddy.