by

Percepatan BIJB, Tunggu Peran Bupati

Seputar News/ MAJALENGKA — Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar, bersama Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan,  meninjau progres pembangunan Bandar Udara Internasional Jawa Barat (BIJB), di Kecamatan Kertajati, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, Selasa (26/09/2017).
Wakil Gubernur Jabar Deddy Mizwar berharap pembangunan BIJB dapat diselesaikan secepat-cepatnya. Ia menyatakan, terkait pembebasan lahan yang menjadi isu terhambatnya progres pembangunan, Pemerintah Provinsi sebenarnya sudah menyiapkan segala dukungannya termasuk dana, sehingga tidak terdapat masalah.
“Termasuk pembangunan akses jalan Tol supaya bisa langsung ke BIJB ini uangnya sudah ada , pembebasan lahannya sudah siap, tinggal peran Bupati,” ungkap Deddy Mizwar.
Untuk jalan non- tol, PUPR telah melakukan pengukuran sepanjang kurang lebih 2 kilo meter, yang juga siap dibangun.
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan mengungkapkan, Presiden Joko Widodo menginginkan pembangunan bandara Kertajati bisa selesai Juni 2018 mendatang, supaya calon jamaah haji 2018 bisa diberangkatkan dari Bandara Kertajati.
Sejalan yang dikatakan Deddy, Luhut menegaskan isu-isu yang beredar terkait pembebasan lahan, atau apapun, sebetulnya sudah tidak ada karena sudah diselesaikan. Adapun yang diperlukan saat ini adalah kerja tim yang ekstra demi kepentingan rakyat.
“Mimpi Pemerintah, Bandara Kertajati akan menjadi pusat logistik karena dekat dengan Tambun, Cirebon, Bandung, jalan ke selatan ke Cigatas, Garut, Genteng, Cisolok dan lainnya,” ungkap Luhut.
“Sejauh ini Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi, kita semua sudah bekerja cepat, kalau kita dipilih rakyat, kita harus bekerja sebaik-baiknya untuk rakyat, maka untuk urusan ini jangan ada campur kepentingan pribadi, kelompok, apalagi politik, ini murni untuk rakyat,” tukasnya.
Selanjutnya, Luhut mengaku pihaknya akan melakukan pertemuan dengan Gubernur BI, Menteri PUPR, Menteri Pertanahan, Gubernur Jawa Barat, dalam pembicaraan lanjutan terkait progres BIJB ini.