by

Pj. Gub Jabar M. Irawan Resmi dilantik Mendagri di Gedung Merdeka

Seputar News/

Bandung – Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo resmi melantik Komjen Pol M Iriawan sebagai Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat, di Gedung Merdeka, Senin (18/6/2018).
Pelantikan M Iriawan tersebut sesuai dengan surat Keputusan Presiden Nomor 106/P/2018 tentang pemberhentian dengan hormat Gubernur dan Wakil Gubernur Jabar periode 2013-2018 dan pengangkatan Pj Gubernur.
Proses pelantikan sendiri dimulai sekitar pukul 10.15 WIB. Prosesi pelantikan dipimpin secara langsung oleh Mendagri Tjahjo Kumolo. Dalam pelantikan ini M Iriawan terlihat gagah menggunakan Pakaian Dinas Upacara (PDU).
“Sebelum saya mengambil sumpah jabatan, apalah saudara Komjen Pol M Iriawan bersedia dilantik sebagai Penjabat Gubernur Jawa Barat,” tanya Tjahjo.
Dengan lantang M Iriawan menyatakan siap untuk diambil sumpah dan dilantik sebagai Pj Gubernur Jabar. “Siap,” jawa Iriawan.
Kemudian Tjahjo mengambil sumpah jabatan sesuai dengan Keputusan Presiden Nomor 106/P/2018 tentang Pengesahan Pemberhentian dengan hormat Gubernur dan Wakil Gubernur Jabar 2013-2018 dan pengangkatan Pj Gubernur Jabar.
Setelah pengambilan sumpah, proses pelantikan dilanjutkan dengan penandatanganan berita acara dan fakta integritas. Setelah itu ditutup dengan penyematan tanda pangkat.
Dalam kata-kata pelantikannya, Tjahjo yakin M Iriawan mampu menjalankan tugas sebagai Pj Gubernur Jabar dengan baik. Dia juga mengucapkan selamat kepada Iriawan.
“Saya percaya anda akan menjalankan tugas sebaik-baiknya sebagai Penjabat Gubernur,” ujarnya.
Prosesi pelantikan berjalan begktu khidmat. Sejumlah tamu undangan mulai dari anggota DPD dan DPR RI dapil Jabar, Mantan Gubernur Jabar, Anggota DPRD Jabar, kepala daerah tingkat kabupaten/kota dan tamu undangan lainnya hadir dalam pelantikan tersebut.

Baca juga:  Angklung's Day, 2018 dirayakan di Halaman Gedung Sate Bandung