by

Pj Gubernur Jabar Tinjau BIJB Kertajati

Seputar News/ 
KAB. MAJALENGKA – Penjabat Gubernur Jawa Barat H. Mochamad Iriawan meninjau secara langsung Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati di Kabupaten Majalengka, Sabtu (23/6/18).
Iriawan bersama para pejabat terkait tiba di Terminal Kedatangan Domestik BIJB Kertajati sekitar Pukul 12.40 WIB. Iriawan diterima langsung oleh Bupati Majalengka Sutrisno dan Direktur Keuangan dan Umum PT BIJB Muhamad Singgih.
Tak menunggu lama, Pj. Gubernur langsung meninjau fasilitas bandara di area keberangkatan internasional, seperti ruang imigrasi dan ruang tunggu, serta pintu gerbang keberangkatan dan toilet. Hal ini terkait kesiapan BIJB Kertajati untuk rute penerbangan internasional, yaitu pemberangkatan haji.
“Saya mengunjungi (Bandara) Kertajati hari ini untuk memastikan bagaimana perkembangan atau percepatan yang ada disini (BIJB), sehingga nantinya sesuai dengan harapan Pak Presiden untuk segera dipakai, baik itu untuk jalur domestik maupun internasional,” ujar Iriawan.
Iriawan mengungkapkan bahwa pihaknya bersama para pihak terkait akan mendiskusikan lebih lanjut terkait penggunaan BIJB untuk pemberangkatan haji. Hal itu, kata Iriawan perlu koordinasi, seperti dengan pihak imigrasi dan Kementerian Agama.
“Ini yang akan kita diskusikan bersama, karena memerlukan beberapa percepatan baik itu koordinasi dengan imigrasi, Kementerian Agama, dan lain sebagainya. Oleh sebab itu, saya akan lihat semuanya,” tutur Iriawan.
Apabila BIJB Kertajati bisa memberangkatkan calon jemaah haji tahun ini, kloter (kelompok terbang) pertama akan diberangkatkan pada 17 Juli 2018 mendatang. “Masih ada waktu, kloter pertama tanggal 17 Juli (2018). Oleh sebab itu, masih ada dua minggu untuk mempersiapkan, kami perlu koordinasi nanti,” tukas Iriawan.
“Yang jelas keinginan kita bersama-sama rakyat Jawa Barat ingin bisa kloter haji berangkat dari sini (BIJB Kertajati). Karena memang itu harapan dari pimpinan negara kita,” ungkap Iriawan.
“Oleh sebab itu, kami sekarang kerjasama dengan pejabat terkait agar bisa menindaklanjuti apa yang diinginkan rakyat Jawa Barat. Nanti akan bangga saudara kita yang ada di sekitar sini bisa berangkat (haji) dari Kertajati,” pungkasnya.