by

Presiden Jokowi Tinjau langsung proses vaksinasi covid-19 bagi Awak Media

Seputarnews.com/JAKARTA – Presiden Joko widodo meninjau pelaksanaan vaksinasi COVID-19 untuk awak media yang digelar di Gelora Bung Karno (GBK). Terdapat 5512 peserta awak media yang akan ikut program vaksinasi COVID-19.
massal terhadap ribuan wartawan di Hall A Basket, Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Kamis, 25 Februari 2021.

Jokowi menyatakan bahwa vaksinasi khusus wartawan tersebut sesuai dengan janjinya di peringatan Hari Pers Nasional 2021.

Sesuaikan yang saya sampaikan pada Hari Pers Nasional bahwa kita ingin mendahulukan insan pers untuk divaksinasi. Dan alhamdulillah pagi ini sudah dimulai untuk 5.500 awak media,” Ungkapnya.

Jokowi berharap kegiatan ini segera dapat dilaksanakan untuk wartawan di provinsi-provinsi selain Jakarta, sehingga awak media yang ada di Tanah Air terlindungi.

Saya harapkan ini memberikan perlindungan kepada awak media yang ada di lapangan, yang sering berinteraksi dengan publik dan narasumber,” ujarnya.

Selama kunjungan, Jokowi dan rombongan tetap mematuhi protokol kesehatan dengan memakai masker, pelindung wajah, dan menjaga jarak.

Vaksinasi tahap dua ini berlangsung sejak pukul 08.00 WIB dan akan berakhir pukul 15.30 WIB. Pada tahap ini pemerintah mengalokasikan 5.500 vaksin covid-19 untuk awak media yang berlangsung hingga 27 Februari mendatang.

Selain wartawan, vaksinasi tahap kedua ini juga akan menyasar anggota TNI/Polri, aparat hukum, dan petugas pelayanan publik yang bertugas di bandara, pelabuhan, stasiun dan terminal serta lanjuat usia.

Vaksinasi tahap ini juga diperuntukkan pegawai perbankan, PLN, perusahaan air minum, serta pedagang. Vaksinasi tahap dua ini diproyeksikan diberikan ke 16,9 juta orang dan akan berakhir pada Maret 2021.

Setelah itu, dilanjutkan vaksinasi tahap ketiga yang akan dilaksanakan April 2021 hingga Maret 2022. Sasarannya, masyarakat yang bekerja di geospasial, sosial, dan ekonomi.

Baca juga:  Jawa Barat Butuh 30 Rumah Sakit untuk Layani 50 Juta Warga Secara Optimal

Tahap keempat dilakukan pada periode yang sama. Sasaran vaksinasi adalah masyarakat dan pelaku ekonomi lainnya dengan pendekatan klaster sesuai ketersediaan vaksin.

Dalam kunjungannya, Jokowi didampingi Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin, Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate, dan Ketua Dewan Pers Mohmmad Nuh. Dengan mengenakan kemeja putih Jokowi berkeliling menyaksikan proses vaksinasi tersebut.