by

Rel Kereta Terendam Banjir Perjalanan Kereta Api dari Bandung menuju Jakarta Dibatalkan

Seputarnews.com/Bandung – Banjir yang melanda sebagian daerah Jakarta turut memberikan imbas pada perjalanan kereta api. Bahkan perjalanan dengan tujuan dan dari Jakarta seluruhnya dibatalkan.

Manager Humas PT KAI Daop 2 Bandung Kuswardoyo mengatakan, pembatalan perjalanan tersebut dikarenakan dampak cuaca ekstrim yang berpengaruh pada kondisi prasarana dan operasional KA dari dan ke Jakarta.

“PT KAI Daop 2 Bandung memohon maaf yang sebesar besarnya kepada seluruh pengguna jasa Kereta Api yang mengalami pembatalan perjalanan KA dari wilayah Daop 2 Bandung menuju Jakarta dan sebaliknya. Hal tersebut terjadi karena dampak cuaca ekstrim sehingga berpengaruh pada kondisi prasarana dan operasioal KA dari dan ke jakarta,” katanya melalui keterangan tertulis, Minggu (21/2/2021). Sampai saat ini, ruas jalur pada petak jalan antara kedunggedeh – lemah abang Km 55 +100 s.d KM 53+600 masih terendam banjir dengan ketinggian air sampai dengan 150 centimeter. Tidak hanya membuat jalur rel tergenang, namun banjir yang mengalir cukup deras juga mengakibatkan pondasi batu balas pada rel tergerus air.

Atas kejadian tersebut, pihaknya menurunkan tim prasarana KAI dan masih melakukan perbaikan secara berkala, salah satunya dengan menurunkan bantalan beton pada rel yang tergenang air.

Kondisi genangan air yang cukup tinggi berdampak pada perjalanan KA wilayah Daop 2 Bandung. Dampak tersebut berupa pembatalan perjalanan KA keberangkatan hari ini, Minggu, 21 Februari 2021.

Keberangkatan Stasiun Bandung:
1. KA 43f (Argo Parahyangan) Bandung-Gambir Berangkat Stasiun Bandung 06:00
2. KA 41 (Argo Parahyangan ) Bandung-Gambir berangkat Stasiun Bandung jam 15:00

Keberangkatan Stasiun Purwakarta:
1. KA 383 (Walahar) relasi Purwakarta-Cikarang keberangkatan pukul 05:05 WIB
2. KA 385 (Walahar) relasi Purwakarta-Cikarang keberangkatan pukul 09:00 WIB
3. KA 387 (Walahar) relasi Purwakarta-Cikarang keberangkatan pukul 13:10 WIB
4. KA 389 (Walahar) relasi Purwakarta-Cikarang keberangkatan pukul 14:45 WIB
5. KA 391(Walahar) relasi Purwakarta-Cikarang keberangkatan pukul 17.45 WIB

Baca juga:  Ketua DPRD Jabar Resmi Raih Gelar Doktor

Keberangkatan Stasiun Kiaracondong:
1. KA 305 (serayu) relasi Kiaracondong-Pasarsenen keberangkatan pukul 23.34 WIB

Bagi penumpang KA yang sudah memesan tiket pada KA yang dibatalkan perjalanannya, dapat melakukan pembatalan tiket melalui aplikasi KAI Access ataupun loket pembatalan yang terdapat di stasiun. Pihaknya akan mengembalikan biaya pemesanan secara penuh.

“Pembatalan tiket karena KA batal akan dikembalikan 100 persen,” Pungkasnya.