by

Ridwan Kamil Akan Buat PERGUB layanan Bagi Buruh Juara

Seputar News/Jabar Akan Rumuskan Pergub Buruh Juara

BANDUNG—Gubernur Jabar Ridwan Kamil berencana membuat peraturan gubernur yang mengakomodir layanan bagi buruh.

Rencana ini lahir usai pihaknya memimpin rapat jajaran dinas yang berada di bawah Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Jabar di Ruang Papandayan, Bandung, Selasa (2/10/18).

“Kita akan bikin pergub tentang program buruh juara dimana nanti kita wajibkan industri itu membangun rumah susun dekat pabrik,” kata gubernur yang akrab disapa Emil ini.

Menurutnya dengan adanya rumah susun maka maka para buruh tidak perlu mengeluarkan ongkos karena jarak antara hunian dengan lokasi bekerja yang jauh. Belajar dari Cina, ongkos pembangunan rusun menurutnya bisa lebih murah.

“Kemudian sekolah juga di pusat industri. Pusat industri nanti kita wajibkan membuat sekolah sehingga teknologi yang tercanggih di industri bisa diajarkan kepada warga-warga disitu,” paparnya.

Menurutnya rencana ini berkaca pada banyaknya lulusan SMK yang menganggur karena teknologi yang dipelajari sudah lama alias jadul. Kondisi ini diperparah dengan kurikulum yang tidak sesuai selera jaman.

“Kemudian ada subsidi transportasi untuk buruh sedang dikaji dan sembako online untuk buruh juga bisa lebih sejahtera dengan digital ini,” tuturnya.(Arm)*

Baca juga:  Gub Jabar Ridwan Kamil Apresiasi Kelahiran Silicon Vallley Indonesia