by

Stok Beras Aman Tetapi Harga Mahal

Seputar News/ BANDUNG – Stok beras di Jawa Barat sesuai evaluasi Tim Pengendalian Inflasi Daerah  (TPID), harga beras di atas harga eceran tertinggi. Dimana HET beras premium sebesar Rp12.800 per kilogram  dan  beras  medium Rp9.450 per kilogram. 

Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jawa Barat  Iwa Karniwa mengatakan hal tersebut saat luncurkan Ketersediaan Pasokan dan Stabilisasi Harga Beras Medium Tahun 2019 di Gudang Bulog Cisaranten Kidul Jalan Gedebage No. 19 Bandung, Rabu (03/01/19). 

Tingginya harga beras yang terjadi di pasar, disebabkan oleh berkurangnya pasokan beras terutama dari daerah sentra produksi beras di Jawa Barat. “Karena adanya anomali iklim yang terjadi di akhir tahun 2018. Realisasi tanam padi periode Oktober sampai Desember 2018 baru mencapai 583.648 hektar atau 87,43 % dari target tanam seluas 667.547 hektar,” ungkap Iwa. 

“Data tersebut berdasarkan hasil evaluasi Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura Provinsi Jawa Barat, untuk masa tanam Oktober – Desember 2018 karena terjadi kemunduran dan keterlambatan,” sambungnya. 

Menurut Iwa, keterlambatan tanam padi periode Oktober – Desember 2018 dapat berdampak terhadap waktu panen dan produksi padi pada bulan Januari sd Maret 2019 atau awal tahun 2019, sehingga berpengaruh terhadap produksi beras diawal tahun 2019. 

Atas dasar inilah Presiden RI laksanakan rapat terbatas tanggal 27 Desember 2018. Hasilnya perum bulog diperintahkan untuk melaksanakan kegiatan ketersediaan pasokan dan stabilisasi harga beras medium tahun 2019 di seluruh indonesia. 

Sehingga Iwa berpendapat dengan diluncurkan Ketersediaan Pasokan dan Stabilisasi Harga Beras Medium Tahun 2019 dapat membentuk pemenuhan beras dengan harga terjangkau, terutama bagi masyarakat yang berpendapatan rendah. Lalu adanya stabilisasi harga beras pasca Hari Besar Keagamaan Dan Nasional (HBKN) tahun 2019 sehingga memberikan efek positif terhadap inflasi jawa barat di awal tahun 2019. 

Baca juga:  Pansus II DPRD Provinsi Jawa Barat, Melakukan Kunjungan Kerja Ke Pemerintah Kota Tasikmalaya

“Selain itu untuk menekan inflasi ini dengan melakukan sinergitas dengan pihak terkait khususnya pada pangan yang berpengaruh pada inflasi, memonitor arus distribusi dari produsen ke konsumen. Serta dukungan dari Polda Jabar untuk pengamanan kriminal dibidang ekonomi, seperti menimbun pangan,” katanya. 

Kepala Divisi Regional Jawa Barat Perum Bulog, Ahmad Ma’mun mengatakan stok yang ada di Jawa Barat saat ini sebanyak 230.000 ton beras. Dan ini merupakan stok terbesar selama 10 tahun terakhir pada periode yang sama. Ketahanan mencapai 16 bulan dan sudah tersebar ke gudang seluruh Jawa Barat. 

“Penetapan harga beras premium dan medium sesuai Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 57 tanggal 24 Agustus 2018. Khususnya lima pasar yaitu di Pasar Kiaradondong, Pasar Kosambi, Pasar Pasarbaru, Pasar Andir dan Pasar Sederhana dengan jumlah 100 ton beras,” tuturnya. 

Dihadiri pula oleh Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Provinsi Jawa Barat Dewi Sartika, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Kota Bandung Elly Wasliah, Kepala Divisi Pengembangan Ekonomi BI Jabar Dudi Dermawan dan DIT Reskrimsus Polda Jabar AKBP Arip Ritonggah.(Def)*