by

Tanggul Citarum Jebol, Warga Bekasi Dievakuasi di Gedung BNPB

Seputarnews.com/ JAWA BARAT- Akibat tak mampu menampung debit air yang tinggi, tanggul Sungai Citarum di Kampung Babakan Banten, Sumber Urip, Pebayuran, Kabupaten Bekasi jebol pada Sabtu, 20 Februari 2021 malam.

 Hujan dengan intensitas tinggi yang turun sejak Jumat, 19 Februari 2021 mengakibatkan air di sejumlah aliran sungai meluap. Salah satunya yakni Sungai Citarum yang melintasi wilayah Bekasi, Jawa Barat.

Kasi Rehabilitasi, Rekonstruksi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bekasi, Hendra menyebut, tanggul yang jebol mengakibatkan air tumpah ke perumahan warga. Ketinggian air di sekitar permukiman warga mencapai 1,5 meter.

Para warga terdampak banjir akibat jebolnya tanggul Sungai Citarum itu sudah dievakuasi ke Gedung Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Kabupaten Bekasi.

“Sudah diungsikan di gedung sarpras (sarana dan prasarana) BNPB dekat lokasi,” ujar Hendra saat dikonfirmasi, Minggu (21/2).

Hendra mengatakan, untuk pemulihan tanggul akan ditanggulangi langsung oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemen PUPR).

“Sudah ditangani oleh Kemen PUPR pusat,” tutupnya.

Baca juga:  Banjir Majalengka - Sumedang Berangsur Surut