by

TNI Kodam III Siliwangi Bersama Komunitas JPCH Tanam 1200 Bibit Pohon di KBU

Seputarnews/KAB. BANDUNG -Sebagai salah satu wujud kepedulian terhadap lingkungan, Komunitas Jurnalis Peduli Citarum Harum (JPCH) bersama Jajaran Sub Sektor 22 Citarum Harum adakan kegiatan menanam pohon sebanyak 1200 dari berbagai jenis bibit pohon di tanam di Kawasan lahan kritis Wilayah di Desa Cimenyan Kecamatan Cimenyan Kabupaten Bandung, Sabtu (4/1/2019).

Kegiatan gerakan menanam pohon ini merupakan bagian tindak lanjut dari program Citarum Harum , Peduli Penghijauan. Tujuan dari program penghijaun ini untuk mengurangi dampak pemanasan global dan memanfaatkan resapan air ujan.

Sebanyak 1200 bibit pohon terdiri dari pohon alpukat, duren, mangga, kimenyan, dan mahoni.

Dansektor 22 Citarum Harum, Kol. Inf. Asep Rahman Taufik menyiram pohon yang ditanam di Kawasan Bandung Utara (KBU) Desa Cimenyan Kecamatan Cimenyan Kabupaten Bandung,

Penanam pohon dipimpin langsung oleh Dansektor 22 Citarum Harum Kol. Inf. Asep Rahman Taufik bersama para Dansub Sektor 22 Citarum Harum, Penasehat JPCH Ngadi Utomo, Ketua JPCH Asep Mulyana, Ketua Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Jawa Barat, Yus Hartiman, Kepala Desa Cimenyan Supratman, Anggota Komisi D DPRD Kab.Bandung, Juwita, Ketua My Darling Martika Edison, Ketua Jawara Bikers Yusman Andrian, Dinas Kehutanan Jabar serta FKDM Kota Bandung.

Dansektor 22 Citarum Harum, Kol. Inf. Asep Rahman Taufik mengatakan penanaman pohon di Desa Cimenyan ini untuk menghijaukan Kawasan Bandung Utara (KBU) yang lahan sudah kritis. “Hari ini kita menanan 1200 pohon di lahan seluas 4 hektar milik Iwan Owner Cafe Dapur Cartil, 100 diantaranya tanaman pohon langka yaitu Kimenyan,” ungkap Dansektor 22 Citarum Harum.

Kerudung Anggota Komsi D DPRD Kabupaten Bandung, Juwita bersama Dansektor 22 Citarum Harum, Kol. Inf. Asep Rahman Taufik dan Penasehat JPCH, Ngadi Utomo pada kegaiatan Penanaman Pohon di KBU

Dikatakan Dansektor 22 Citarum Harum, selain itu kita juga bertanggung jawab untuk memelihara bibit pohon ini pasca penanaman. Dan kita sudah menanam sekitar 8 ribu lebih bibit pohon beraneka ragam di Kecamatan Cimenyan yang notabene tanahnya milik masyarakat dan petani setempat”, ucap Kol. Inf Asep.

Penasehat JPCH Ngadi Utomo menuturkan bahwa pihaknya sangat mendukung giat penanaman pohon bersama Sektor 22 Satgas Citarum Harum, “kegiatan ini penting untuk mengamankan KBU supaya tidak banjir ke wilayah bawah (kota). “Semoga ke depan KBU jadi kawasan hijau dan resapan air.

Baiknya kita banyak menanam bibit pohon buah – buahan untuk mengurangi impor buah dari luar. Kegiatan penanaman akan dilakukan juga di tempat lain selain Cimenyan, targetnya dari sektor 1 sampai 23 semuanya kita ingin menanam bibit pohon terutama buah – buahan”,

Pada kesempatan tersebut, Anggota Komisi D DPRD Kabupaten Bandung Juwita mengaku bahwa penanaman pohon untuk penghijauan Kawasan Bandung Utara sudah sering dilakukan. Setelah ditanam tidak ada yang merawatnya, sehingga banyak yang mati. Untuk itu, saya yakin, pohon-pohon yang ditanam Sektor 22 Citarum Harum bersama JPCH pasti akan terawat melalui Sub Sektor 22 diwilayah ini,” ungkap Juwita.

Lebih lanjut dikatakan Juwita, selama ini lahan – lahan di Kawasan Bandung Utara dipenuhi dengan tanaman sayur yang tidak mampu menahan air hujan. Hal tersebut merupakan salahsatu penyebab banjir bandang di wilayah Cicaheum Tahun 2018 lalu. Eksploitasi di KBU sudah sangat kritis, lahan hijau banyak yang telah beralih fungsi seperti menjadi tanaman sayur hingga infrastruktur yang mengakibatkan semakin berkurangnya area resapan sehingga air melaju deras ke wilayah hilir,” ujarnya

Untuk itu, saya sangat mengapresiasi kegiatan penamaan pohon yang dilakukan Sektor 22 Citarum Harum bersama para Komunitas JPCH di Kawasan Bandung Utara ini.

Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

News Feed