by

Wagub Apresiasi “Bupati dan Wali Kota” Dalam Pemilu 2019 Angka Golput Berkurang

Seputarnews.com/KOTA BANDUNG – Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum merasa senang tingkat partisipasi pemilih berbagai kabupaten/kota di Jawa Barat pada Pemilihan Presiden dan Legislatif 2019 banyak yanng meningkat dari sebelumnya.

Hal itu terungkap saat Wagub memimpin konferensi video atau video conference di Desk Pilkada Jabar, Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Kamis (18/4/19).
“Alhamdulillah saya bangga karena penyelenggaraan pemilu se-Jawa Barat secara umum sukses. Ada kenaikan angka partisipasi pemilih hampir di seluruh daerah, kenaikan paling kecil 5%, yang paling besar 16%,” ujar Uu yang didampingi anggota Bawaslu, KPU Jabar, TNI/ Polri serta unsur Forkopimda yang lain.
Wagub memberi apresiasi kepada bupati dan wali kota karena telah berhasil meningkatkan kesadaran politik rakyat. “Ini menunjukkan kesadaran masyarakat untuk berpolitik meningkat ditambah peran dari kepala daerah dan jajarannya juga,” ungkap Uu.
Apresiasi terutama kepada Wali Kota Bandung Oded M Danial yang berhasil meningkatkan angka pertisipasi pemilih dari pemilu sebelumnya sebelumnya 77 persen menjadi 86,5 persen. “Dari laporan Kota Bandung, angka partisipasinya meningkat luar biasa. Penyelenggaraannya juga sangat kondusif dan jurdil. Memang ini yang kita harapkan,” kata Wagub.
Dalam konferensi video, Uu memang menanyakan kepada para bupati dan wali kota jalannya pemilu di daerah masing-masing. Hasilnya, penyelenggaraan pemilu di Jawa Barat secara umum berjalan kondusif dan aman. Meski ada kendala teknis seperti keterlambatan kotak suara, kertas suara yang tertukar dan kurang, serta mati listrik, namun hal itu cepat ditangani.
“Dari pantauan kami dan laporan masuk tidak ada masalah yang krusial seperti ada warga yang belum dapat C6 tapi tetap bisa mencoblos karena menggunakan KTP. Ada juga di Pangandaran yang sempat mati lampu saat perhitungan suara dan sedikit kertas yang tertukar di Cianjur tapi semua ditangani dengan cepat dan tidak mengganggu,” jelas Uu.
Meskipun begitu, Wagub  tetap mengimbau khususnya kepada aparat untuk lebih fokus pada pengamanan pergeseran kertas suara karena proses tahapan Pemilu masih belum berakhir. Hal itu agar tidak merusak suasana Jabar yang sudah kondusif dan lancar.
“Karena proses tahapan pemilu belum selesai, saya minta kepala daerah bersama TNI Polri untuk fokus perhatiannya pada pergeseran kotak suara agar tidak ada hal yang dapat merusak suasana yang sudah kondusif ini,” pintanya.(arm)*