by

Wagub Jabar: Anak Muda Harus Ada Kahayang, Kadaek, dan Kawani

Seputarnews/ KAB. KARAWANG* — Untuk bertahan dan menjawab tantangan zaman, Wakil Gubernur (Wagub) Jawa Barat (Jabar) Uu Ruzhanul Ulum mengimbau generasi muda untuk memiliki prinsi 3K.

“3K itu adalah Kahayang (cita- cita), Kadaek (kemauan), dan Kawani (keberanian),” kata Uu saat menghadiri Seminar Tilawah untuk Mahasiswa di Masjid Al- Khoir Universitas Singaperbangsa Karawang (Unsika), Jumat (18/10/19).

Uu pun memotivasi para mahasiswa agar merancang kehidupan masa depan sejak muda. Apalagi, kata Uu, generasi muda saat ini dihadapkan dengan era serba cepat.

Ke depan, era industri juga akan terus berkembang dan menuntut sumber daya manusia yang juga lebih berdaya saing.

Sehingga, Uu berujar bahwa kesuksesan tidak hanya diraih oleh kecerdasan semata. Akan tetapi, pemuda harus memiliki kemauan, keinginan, dan keberanian yang kuat.

“Pemuda tidak hanya sekadar kuliah saja. Perlu berorganisasi, aktif, kreatif, untuk membangun kompetensi sendiri,” ujar Uu.

Uu menambahkan, pemuda juga harus bisa mengembangkan diri dengan berbagai aktivitas positif, misalnya mengembangkan kegemaran, mengikuti kegiatan keagamaan, dan ikut berbagai kepanitiaan dan organisasi di kampus.

“Intinya, setiap pemuda harus memiliki kahayang, yaitu keinginan yang kuat. Anak muda juga perlu kadaek, yaitu kemauan. Kalau tidak ada kemauan, ya, tidak jalan. Setidaknya harus mau dulu,” kata Uu.

“Ketiga, kawani yaitu keberanian. Supaya membentuk diri dalam melatih dan mempersiapkan masa depan sebagai generasi pelanjut,” tutupnya.

*HUMAS JABAR*
Kepala Biro Humas dan Keprotokolan Setda Provinsi Jabar
Hermansyah

Baca juga:  Semangat Juang TNI Sub 9 Sektor 22 Citarum Harum dipimpin Kol. Inf. Asep Rahman Taufiq  "Bersihkan Sungai Yang Kotor dari Sampah"