by

Wagub Jabar Buka Program Ajengan Masuk Sekolah

Seputarnews.com/ KAB. CIANJUR –* Wakil Gubernur (Wagub) Jawa Barat (Jabar) Uu Ruzhanul Ulum membuka kegiatan sosialisasi Ajengan Masuk Sekolah (AMS) di Hotel Sanggabuana, Kabupaten Cianjur, Rabu (4/11/20).

Kang Uu mengatakan, program AMS bertujuan membentuk karakter generasi muda guna menyambut bonus demografi Indonesia Emas 2045.

“Ini mempersiapkan generasi yang keimanan dan ketakwaannya hebat untuk 2045. Karena di 2045, kita tahu ada bonus demografi di mana masyarakat 70 persen adalah usia produktif,” kata Kang Uu.

Menurut Kang Uu, program AMS merupakan implementasi dari Jabar Juara Lahir Batin, dan tujuan pendidikan nasional dalam meningkatan keimanan dan ketakwaan peserta didik.

Selain itu, program AMS sesuai dengan program prioritas pemerintah pusat, yakni penguatan pendidikan karakter.

“Saya berharap yang menjadi guru adalah ajengan yang mampu menerangkan agama yang tidak tendensius, yang tidak berafiliasi kepada politik, dan juga mampu membaca kitab kuning dan menerangkannya,” ucapnya.

“Kitab yang akan diberikan (materinya) kepada siswa sesuai kesepakatan para kiai. Yang jelas kitab yang diberikan kepada siswa tidak mengundang perselisihan,” imbuhnya.

Kang Uu berharap program AMS mendapat dukungan dari orang tua siswa sehingga pembentukan karakter tidak hanya secara tekstual di sekolah, tetapi juga secara kontekstual di rumah.

Baca juga:  Anggota Komisi V DPRD Jawa Barat Mantau fasilitas Pendidikan di Sekolah Luar Biasa (SLB) Negeri KBB