by

Wagub Jabar Dorong Generasi Muda Jabar Tingkatkan Kemampuan Literasi

seputarnws.com/KOTA TASIKMALAYA –* Wakil Gubernur (Wagub) Jawa Barat (Jabar) Uu Ruzhanul Ulum mendorong generasi muda di Jabar untuk intens meningkatkan literasi. Tujuannya supaya generasi muda di Jabar dapat menjawab tantangan dunia dan mewujudkan Indonesia Emas 2045.

Hal itu dikatakan Pak Uu –sapaa Wagub Jabar– saat membuka Rapat Koordinasi Daerah terkait “Kolaborasi Lintas Pemangku Kepentingan dalam Peningkatan Budaya Literasi untuk Mewujudkan Manusia Berpengetahuan Inovatif, Kreatif dan Berkarakter” bersama Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) via konferensi video di Rumah Singgah Wagub Jabar, Kamis (27/5/2021).

โ€œApapun era dan zamannya, kita tetap menginginkan sebuah generasi yang hebat, generasi yang kuat dan generasi yang multidimensi. Khususnya dalam rangka Jabar Juara Lahir Batin yang ada di Jawa Barat untuk meneruskan estafet kepemimpinan, estafet pemerintahan, dan estafet pembangunan,โ€ kata Pak Uu.

Salah satu syarat terwujudnya Indonesia Emas 2045 adalah Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul. Untuk menjadi SDM yang unggul, kata Pak Uu, generasi muda Jabar harus meningkatkan kemampuan literasi secara intens dan konsisten.

โ€œSupaya generasi muda yang akan memimpin di tahun 2045 memiliki kemampuan yang hebat dan memiliki keahlian,” ucapnya.

“Kita pun jangan melupakan konsep generasi muda yang akan datang sesuai dengan Nawacita yaitu Pendidikan Karakter terkait moral dan akhlak yang bersumber pada ukhrawi,โ€ tambahnya.

Pak Uu pun mengapresiasi Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusipda) Jabar yang terus berinovasi dalam meningkatkan literasi generasi muda. Salah satunya dengan menggagas program Makan Jengkol (Mari Kita Antar Jemput Buku dengan Kolaborasi).

Selain itu, Pemda Provinsi Jabar berupaya memperbaiki perpusatakaan di pesantren. โ€œSehingga kemampuan literasi generasi muda di Jabar terus meningkat,” kata Pak Uu.

Baca juga:  Tim Penanggulangan Pengangguran Targetkan Rekrut 3000 Tenaga Kerja Ber-KTP Kabupaten Bekasi

*HUMAS JABAR*