by

WAGUB JABAR MERESMIKAN KONTES TERNAK DI KAB. GARUT

Seputar News/
GARUT-Wakil Gubernur Jawa Barat, Deddy Mizwar (Demiz), Rabu (19/7/2017) ke meresmikan puncak acara Kontes Ternak, Panen Pedet dan Pesta Patok tingkat Provinsi Jawa Barat tahun 2017, di lapangan Golf Flamboyan, Desa Ngamplang, Kecamatan Cilawu, Kabupaten Garut.
Kegiatan kontes ternak yang diikuti 500 peternak, organisasi profesi, lembaga penelitian, swasta dan Perguruan Tinggi tersebut merupakan agenda rutin Pemprov Jabar dalam rangka memeriahkan hari jadi Provinsi Jabar yang jatuh setiap tanggal 19 Agustus.
Wagub Demiz menyebut, kualitas bibit ternak sangat menentukan daya saing produk hasil peternakan. Disaat yang sama daya saing produk hasil peternakan dibutuhkan untuk mendukung terpenuhinya kebutuhan protein hewani penduduk Jabar yang saat ini mencapai 47 Juta jiwa.
Untuk itu, melalui kontes ternak ini dapat memotivasi para peternak untuk secara swadaya menyediakan bibit pengganti induk-induk yang sudah tidak produktif. Dengan begitu, produksi hasil ternak jauh lebih meningkat.
“ Selain bibit pengganti diharapkan para peternak juga mampu menghasilkan bibit unggul bersilsilah yang dipelihara dengan manajemen yang baik sehingga hasil ternaknya lebih optimal,” kata Demiz.
Seperti diketahui, Jabar memiliki delapan jenis ternak lokal atau sumber daya genetik yang secara resmi telah ditetapkan sebagai rumpun ternak asli Jabar pada bulan Mei 2017 lalu. Yaitu, Domba Garut, Domba Priangan, Sapi Pasundan, Ayam Pelung, Ayam Sentul, Itik Rambon, Itik Cihateup dan Itik Padjajaran.
Sejauh ini, populasi ternak domba dan ayam ras pedaging di Jabar masih menjadi yang terbesar di Indonesia.
Baca juga:  DPRD Jabar Menerima Ketua KPK Ingatkan Legislator Jabar Jangan Korupsi