by

Wagub Jabar Tinjau Protokol Kesehatan di Pasar Bojong Purwakarta

Seputarnews.com / Kabupaten Purwakarta — Wakil Gubernur (Wagub) Jawa Barat (Jabar) Uu Ruzhanul Ulum melakukan inspeksi mendadak (sidak) protokol kesehatan di Pasar Bojong, Kecamatan Bojong, Kabupaten Purwakarta, Jumat (28/8/20).

Hal itu dilakukan dalam rangka meninjau penerapan protokol kesehatan khususnya di masa Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) dan pemulihan ekonomi yang berlangsung di pasar tradisional.

Adapun protokol kesehatan 3M yang harus dipatuhi pengunjung maupun pedagang adalah memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan atau menggunakan hand sanitizer.

Di Pasar Bojong, Kang Uu pun menjumpai beberapa warga yang tidak menggunakan masker.

“Ketika ditanya, masyarakat rata-rata sudah tahu tentang keharusan memakai masker, tapi dengan alasan lupa dan lain sebagainya mereka ada yang lalai mengenakannya,” ucap Kang Uu.

Untuk itu, Kang Uu pun mengedukasi warga yang tidak memakai masker sekaligus membagikan masker kepada mereka.

Menurut Kang Uu, kebersamaan antara pedagang, pembeli, dan juga aparat untuk saling memberikan perhatian terkait penerapan protokol kesehatan penting demi mencegah penularan COVID-19 di pasar.

Apalagi, pasar merupakan tempat orang berkumpul dan berpotensi berkerumun dengan aktivitas transaksi dan komunikasi sehingga protokol kesehatan wajib dilakukan.

“Penerapan protokol kesehatan, tiada lain tujuannya memutus mata rantai virus COVID-19,” tegas Kang Uu.

Selain meninjau penerapan protokol kesehatan 3M, Kang Uu juga memantau fasilitas penunjang seperti tempat cuci tangan, penyediaan disinfektan, dan fasilitas penunjang lainnya di Pasar Bojong. (Kiki)*

*HUMAS JABAR*

Baca juga:  PMK Masih Mewabah Pembagian Daging Hewan Kurban Dianjurkan Menggunakan Plastik