by

WAPRES RI JUSUF KALLA RESMIKAN JALAN LAYANG ANTAPANI BANDUNG

Seputar News/

BANDUNG-Wakil Presiden Jusuf Kalla.Kejunungan ke Bandung Jawa Barat disambut Wakil Gubernur Jabar Deddy Mizwar serta jajaran Kementerian RI turut hadir pada acara Peresmian Jalan Layang Antpani.  Bandung Selasa, 24/1-20117.
Ia pun menyetujui usulan Wali Kota Bandung Ridwan Kamil agar menamai jalan layang itu dengan “Jalan Layang Pelangi Antapani”.
Sebelum jalan layang itu diresmikan, Selasa (24/1/2017), Ridwan Kamil berharap agar Wapres ikut andil dalam memberikan namanya.
Ada alasan di balik penamaan “Pelangi” yang diberikan Ridwan Kamil.
“Karena kami ingin memanusiakan jalan layang ini dengan karya seni,” ujar dia.
Ridwan menunjuk seniman mural, John Martono, untuk menyulap jalan layang tersebut menjadi lebih artistik.
John dipilih karena karyanya sudah mendunia, di antaranya di Australia dan Amerika Serikat.
Jalan layang Antapani kian cantik dengan balutan warna-warni bak pelangi.
“Usul saya Pak, kalau Bapak belum ada nama dikasih nama Jalan Layang Pelangi Antapani karena abstrak warna-warni,” kata Ridwan Kamil, yang biasa disapa Emil.
Awalnya, Kalla belum menanggapi usulan Emil itu karena fokus pada teknologi yang digunakan dalam membangun jembatan layang yang menghubungkan dua kecamatan di Kota Bandung itu.
Dua kecamatan itu adalah Kecamatan Kiaracondong dan Kecamatan Batununggal.
Menurut Wapres, teknologi corrugated mortarbusa pusjatan yang digunakan dapat diaplikasikan dalam proyek kereta semicepat Jakarta-Surabaya.
Selain harganya lebih murah, proses instalasi atau pembangunan yang lebih cepat juga menjadi alasannya.
“Itu untuk menguji hasil kerja PU. Ini sebetulnya teknologi zaman dulu yang dimodernisasi dan bermanfaat panjang. Teknologi lama yang dimodernisasi, beton ringan daripada busa, tetapi diuji oleh Korea bahwa ini teknologi yang teruji,” ujar Wapres.
“Oh, soal nama saya setuju Jalan Layang Pelangi. Seperti lagu, ‘pelangi-pelangi berwarna-warni’,” ujar Wapres seraya bernyanyi.
Ia juga mengusulkan agar semakin semarak, jalan itu dilengkapi lampu yang berwarna-warni.
Penambahan lampu, kata dia, akan semakin menambah keindahan saat malam.