Gempa 5,2 Magnitude Guncang Indonesia Bagian Tengah

Seputarnews.com/ Sulawesi Tengah-Hari ini, per tanggal 19 Januari 2021 sudah terjadi gempa bumi dengan skala sekitar 5 di dua tempat berbeda di Indonesia.

Pertama gempa bumi skala 4,9 magnitude terjadi di wilayah daratan tepatnya di pusat 67 km arah timur laut Donggala, Sulawesi Tengah dengan kedalaman 16 km.

Gempa bumi yang terjadi pagi hari tadi pukul 07.56 WIB atau 08.56 WITA waktu setempat ini dirasakan di 2 wilayah MMI seperti yang dikutip dari laman Inatews BMKG.

Yakni wilayah MMI III Toribulu dan MMI III Mepanga, Sulawesi Tengah.

Siang ini gempa bumi kembali melanda wilayah Indonesia tengah, tepatnya berada di laut dengan arah sejauh 127 km timur laut dari Alor, Nusa Tenggara Timur.

Kekuatan gempa bumi lebih kuat dari yang ada di Donggala, yaitu 5,2 magnitude dengan titik koordinat di 7.48 LS dan 125.36 BT.

Waktu terjadinya gempa pukul 12.01 WIB atau pukul 13.01 WITA dengan kedalaman 434 km dimana ini merupakan gempa bumi dalam dan dirasakan di wilayah MMI II Oelamasi.

Berdasarkan hasil analisis BMKG, gempa bumi di perairan sekitar Alor tersebut tidak berpotensi tsunami.

Sumber: Inatews BMKG

Bagi warga sekitar yang merasakan getaran gempa bumi, harap tenang dan berhati-hati. Pastikan segala sumber dan informasi resmi mengenai gempa bumi hanya dari BMKG dan laman media sosial yang sudah terverifikasi.***

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *