by

Komisi II DPRD Jabar Sidak Harga Bahan Kebutuhan Pokok di Pasar Manis

Seputarnews.com/KAB. CIAMIS –* Memasuki pekan kedua bulan suci ramadham sejumlah harga komoditas bahan pokok seperti daging ayam, sapi dan telur di Pasar Manis Kabupaten Ciamis berangsur stabil. Sebelumnya harga komoditas tersebut sempat mengalami kenaikan harga menjelang datangnya bulan suci ramadhan.

Hal tersebut dikatakan Anggota Komisi II DPRD Provinsi Jawa Barat Didi Sukardi, dalam kunjungan kerja komisi sidak harga dan ketersediaan bahan kebutuhan pokok di Pasar Manis Kabupaten Ciamis, Rabu (21/04/2021).

“Di pasar ciamis ada beberapa barang yang mengalami kenaikan, walaupun kenaikanya tidak terlalu signifikan, kisaran 5 sampai 10 ribu, diantaranya komoditas daging, telur, kemudian ada beberapa komuditas sayur. Tapi alhamdulillah menjelang pekan ke dua ini harga harga relatif stabil.” ucap Didi.

Selain itu Didi menambahkan, situasi pandemi covid-19 menyebabkan daya minat pembeli di Pasar Manis Ciamis menurun signifikan. Hal itu terlihat pada pekan pertama ramadhan yang menunjukan aktivitas pasar yang terpantau sepi dari pembeli.

“Kabupaten Ciamis ini mengalami penurun daya beli yang luar biasa, itu kemudian berdampak kepada tingkat keramaian pembeli di Pasar Ciamis. Biasanya pada pekan pertama pasar itu penuh sesak orang berbelanja untuk mempersiapkan sahur pertama, ini mengalami perbedaan” kata Didi.

BACA JUGA : Komisi V DPRD Jabar Mendukung KBM Tatap Muka di Sekolah

Lebih lanjut Anggota DPRD Jabar dari Fraksi PKS tersebut menyebut, untuk mengantisipasi lonjakan harga menjelang dan ketersediaan bahan kebutuhan pokok kegiatan operasi pasar diharapkan dapat menjadi solusi.

“Dengan operasi pasar yang kita lakukan minimal memberikan keringanan kepada segmen masyarakat tertentu untuk bisa membeli dengan harga yang murah”pungkasnya.

Baca juga:  DPRD Jabar Komisi III Hadiri PTBI 2020 Di Jawa Barat